8 Destinasi Wisata di Semarang yang Mudah Dijangkau

Semarang memang dapat disebut sebagai kota yang menjadi salah satu tujuan wisata,terutama bagi wisatawan domestik. Wisata Semarang memiliki daya tarik perpaduan budaya jawa. Tak hanya wisata budaya dan sejarahnya, Semarang juga memiliki wisata alam dan kuliner yang tak kalah dengan daerah wisata lainnya di Indonesia.

Destinasi Wisata Semarang

Khusus di pusat kota sendiri, Semarang mempunyai cukup banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Apabila berencana untuk berwisata ke Kota Seribu Pintu ini, maka berikut ini ulasan 8 wisata Semarang yang dapat dikunjungi di pusat Kota Semarang.

1. Lawang Sewu

Destinasi wisata yang satu ini tentunya sudah sangat terkenal terutama bagi wisatawan domestik. Lawang Sewu begitu tersohor karena kemegahannya, sejarahnya, sekaligus cerita-cerita horror yang tak bisa lepas darinya. Gedung yang satu ini diberi nama Lawang Sewu karena mempunyai banyak pintu. Dalam bahasa jawa “Lawang” artinya pintu, sedangkan “Sewu” artinya seribu. Gedung tua ini masih terawat cukup baik, dengan dukungan pemerintah setempat.

Gedung ini begitu eksotis dan sebagian wisatawan lebih memilih mengunjungi Lawang Sewu pada malam hari. Lawang Sewu menjadi salah satu destinasi wisata malam di Semarang karena dianggap memacu adrenalin. Bagi wisatawan yang suka dengan wisata heritage tapi sekaligus hendak melakukan uji nyali, jangan lewatkan mengunjungi Lawang Sewu di malam hari. Namun apabila berkunjung siang hari, Lawang Sewu merupakan salah satu tujuan wisata Semarang yang instagramable.

2. Masjid Agung Jateng

Masjid Agung ini merupakan Masjid yang berlokasi di Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Gayamsari, Semarang. Masjid ini menjadi obyek wisata religi di Semarang karena sangat megah. Masjid Agung Jateng berdiri di lahan yang luasnya sekitar 10 hektar. Sedangkan luas bangunan utamanyasekitar 7.669 m persegi. Selain kemegahannya, gaya arsitektur Masjid Agung Jateng ini juga menjadi daya tarik dengan perpaduan nuansa Yunani dan Jawa.

3. Old Town 3D Trick

wisata old town 3d trik semarang
Foto:semarangcoret.com

Generasi milenial tentu sulit untuk sama sekali tidak melakukan selfie maupun wefie, bahkan kebiasaan ini telah merambah hingga generasi old. Apabila Anda termasuk salah seorang penggemar selfie, wefie dan fotografi maka berkunjung ke wisata Semarang Old-Town-3D-Trick menjadi suatu keharusan.

Berkunjung ke destinasi wisata satu ini, Anda akan mendapatkan banyak spot keren dan mural cantik sebagai latar belakang foto. Selain itu, juga tersedia beragam materi pendukung berfoto yang dapat digunakan pengunjung.

4. Kota Lama

Destinasi wisata Semarang yang satu terkenal sebagai tempat wisata sejarah. Tidak hanya berisi berbagai bangunan bersejarah, di kawasan Kota Lama ini juga menjadi tempat wisata kuliner, belanja, edukasi.

5. Kampung Pelangi

Tidak hanya di Kota Malang yang terkenal dengan kampung Jodipan-nya. Wisata Semarang juga mempunyai Kampung Pelangi dusun Wonosari yang tak jauh dari lokasi Lawang Sewu. Di saat mengunjungi kampung Pelangi, para pengunjung sudah bisa melihat warna-warni rumah penduduk dari kejauhan. Rumah-rumah di kampung Pelangi sengaja dicat berwarna-warni dan terdapat berbagai tulisan serta gambar menarik.Destinasi wisata Kampung Pelangi Semarang, termasuk baru. Dahulu Kampung ini merupakan kawasan perkampungan lumayan kumuh. Bagi pengunjung yang hobi fotografi, recommended mengunjungi Kampung Pelangi

6. Pantai Marina

pantai marina semarang kiajar
Foto:pantainesia.com

Kota Semarang dekat dengan tepian laut, sehingga Semarang juga mempunyai objek wisata bahari. Pantai Marina menjadi salah satu contoh objek wisata bahari di Kota Semarang. Pantai ini memiliki beragam fasilitas diantaranya jet ski, kolam renang, taman bermain anak-anak dan sebagainya. Sehingga cocok menjadi objek wisata keluarga.

7. Simpang Lima

Objek wisata Semarang yang satu ini menjadi salah satu kawasan ikonik yang jangan dilewatkan untuk dikunjungi terutama saat malam hari. Letak kawasan Simpang Lima tepat di pusat kota. Aksesnya sangat mudah dijangkau dan lokasinya dikelilingi hotel dan berlimpat wisata kuliner yang jadi daya tariknya tersendiri.

8. Pasar Semawis

Pasar Semawis Semarang
Foto:bacaekon.com

Wisatawan yang gemar berburu kuliner, wajib mengunjungi Pasar Semawis yang merupakan objek wisata Semarang. Pusat berburu kuliner malam ini biasanya mulai sejak pukul 18.00 – 23.00 WIB, dan dekat dengan kawasan Pecinan di Semarang.

Dari 8 tempat wisata Semarang di atas, yang manakah yang menjadi objek wisata favorit Anda saat menginjakan kaki di Semarang?

Spread the love

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.