Pengertian Wirausahawan, Ciri – ciri dan Tujuannya Lengkap

Pengertian wirausahawan yaitu orang-orang yang pandai dan berbakat mengenali produk baru, bisa menentukan cara produksi baru, bisa menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, dapat memasarkannya, dan bisa mengatur pemodalannya. Seorang wirausahawan sukses dapat menciptakan bisnis baru bagi mereka yang berani berusaha secara mandiri. Tentunya,dengan mengerahkan segala sumber daya dan upayanya dalam menghadapi setiap risiko yang ada di dalamnya.

Wirausahawan harus pandai dalam melakukan inovasi dan kreasinya. Terlebih, di era digital sekarang ini kemajuan teknologi harus sangat di manfaatkan. Wirausahawan tentu bergelut dalam banyak industri dan banyak sektor. Terpenting, harus mampu mengendalikan usaha yang dijalankan agar tetap menguntungkan. Beberapa pendapat mengenai wirausahawan harus anda ketahui, agar semakin paham. Artikel ini membahas tuntas pengertian kewirausahaan, ciri-ciri dan tujuannya.

pengertian wirausahawan muda

Pengertian Wirausahawan Menurut Para Ahli

Memang seorang wirausahawan mampu menciptakan bisnis baru dalam menghadapi segala risiko dan ketidakpastian mengenai tujuan dari mencapai sebuah keuntungan dan pertumbuhan dengan mengidentifikasikan segala peluang yang signigikan dan juga sumber daya yang akan diperlukan. Di bawah ini adalah pengertian wirausahawan menurut para ahli yang bisa Anda pahami :

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pengertian wirausahawan menurut KBBI yaitu orang-orang yang pandai dan berbakat mengenali suatu produk baru, menyusun cara yang baru dalam berproduksi, menyusun sebuah operasi untuk pengadaan produk yang baru, mengatur segala pemodalan operasinya, dan juga memasarkannya.

2. Robbin dan Coulter

Menurut Robbin dan Coulter yaitu suatu proses dimana seseorang atau suatu kelompok menggunakan upayanya yang telah teroganisir dan sarana untuk mencari peluang dan menciptakan peluang tersebut menjadi suatu nilai yang tumbuh dengan memebuhi kebutuhan serta keinginan melalui sebuah inovasi dan keunikan, serta tidak mempedulikan apapun sumber daya yang digunakan pada saat ini.

3. Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz

Wirausahawan yaitu seorang yang memiliki inovasi dalam hal pengubahan kesempatan menjadi suatu ide. Yang kemudian bisa memiliki nilai jual dan mampu memberikan nilai tamah melalui upaya, biaya, waktu, dan kecakapan yang bertujuan untuk mendapatkan suatu keuntungan.

4. Definisi Wirausahawan Menurut Arif F. Hadipranata

Menurut Arif F. Hadipranata, wirausahawan yaitu mereka yang menjadi sosok dalam pengambilan sebuah risiko yang dibutuhkan untuk mengelola serta mengatur segala urusan dan menerima keuntungan finansial maupun non finansial.

5. Definisi Wirausahawan Menurut Harvey Leibenstein

Kewirausahaan ini mencakup berbagai kegiatan yang diperlukan untuk melaksanakan dan menciptakan perusahaan ketika pasar belum berbentuk atau belum terindentifikasi dengan jelas atau beberapa komponen fungsi dari produksinya belum teridentifikasi secara penuh.

6. Definisi Wirausahawan Menurut Prawirokusumo

Prawirokusumo berpendapat bahwa wirausahawan adalah mereka yang melakukan segala upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan gagasan atau ide dan meramu sumber daya untuk dapat menemukan sebuah peluang dan perbaikan hidup.

7. Definisi Wirausahawan Menurut Peter F. Drucker

Peter F. Drucker menyatakan bahwa wirausahawan yaitu kemampuan untuk menciptakan segala sesuatu yang baru dan juga berbeda.

8. Definisi Wirausahawan Menurut Edi Swasono

Wirausaha berarti seorang pengusaha, namun tidak semua pengusaha adalah wirausaha. Wirausaha di sini yaitu pelopor dalam sebuah bisnis dan penanggung risiko yang memiliki visi ke depan serta memiliki keunggulan dalam prestasi di dalam bidang usaha.

Ciri-Ciri Wirausahawan

Adapun ciri-ciri wirausahawan selalu mencari tantangan baru dengan mengutamakan dorongan hasrat untuk berprestasi pada dirinya. Berikut adalah ciri-ciri bagi seorang wirausahawan:

1. Memiliki Keberanian dan Daya Kreasi

Seorang wirausahawan memiliki segala bentuk keberanian dan memiliki daya kreasi untuk membuat bisnis baru dan mengelolanya sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan suatu keuntungan finansial maupun non finansial. Tantangan yang datang justru akan di hadapi dengan senang hati. Karena, hasil yang akan di dapatkan menjadi modal ilmu dalam berwirausaha.

pengertian wirausahawan grow

2. Berani Mengambil Risiko

Seorang wirausahawan dalam memulai bisnis barunya tentu akan siap menerima segala risiko yang nantinya akan di dapatkan. Entah bisnis tersebut akan berhasil atau tidaknya maka resiko tersebut sudah pasti akan tetap terjadi.

3. Memiliki Semangat dan Kemauan yang Keras

Selalu berusaha untuk meningkatkan kemampuan dan ketangguhannya terutama dalam pembinaan motivasi dan semangat kerja. Pribadi yang kerja keras akan menghasilkan sesuatu yang baik. Karena itu, selalu wirausahawan perlu untuk selalu bersemangat.

4. Memiliki Analisis yang Tepat

Seorang wirausahawan sudah dengan matang memberikan analisisnya terhadap bisnis yang sedang dijalankan sehingga sudah memprediksi segala sesuatunya yang mungkin terjadi. Terlebih, jika memang bisnis yang dijalankan sudah masuk ke pasar nasional.

5. Tidak Konsumtif

Seorang wirausahawan tidak akan konsumtif, melainkan mereka justru memberikan atau memproduksi sesuatu untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

6. Memiliki Jiwa Pemimpin

Seorang wirausahawan memiliki jiwa pemimpin karena merekalah yang akan memimpin perusahaan menuju tujuan perusahaan yang sudah disepakati dan menjadi cita-cita.

7. Berorientasi Pada Masa Depan

Ciri-ciri wirausahawan yang harus dimiliki yaitu mereka akan selalu berorientasi atau menatap masa depan dalam menjalankan bisnisnya. Sehingga, bisnis tersebut akan terus berjalan di masa depan. Karena, kedepannya semua bisa saja terjadi dan berubah dengan cepat. Namun, dengan oritentasi yang tepat maka bisnis akan tetap berjalan.

Tujuan Wirausahawan

Setelah tadi sudah membicarakan mengenai pengertian dan ciri-ciri seorang wirausahawan. Maka, akan di lanjutkan dengan membahas tujuan wirausaha. Adapun beberapa poin di bawah ini yang menjadi tujuan dari dilakukannya wirausaha meliputi:

1. Meningkatkan Jumlah Wirausaha yang Baik dan Berkualitas

Dengan wirausaha maka bisa meningkatkan jumlah dari para wirausahawan yang baik dan berkualitas. Hal ini penting, karena pentingnya kaderisasi dalam berwirausaha dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Jangan sampai, tidak ada yang menjadi penerus selanjutnya.

2. Menumbuhkan Kesadaran Berbisnis yang Tangguh dan Kuat

Kita semua tahu, bahwa dalam menjalankan bisnis bukanlah hal yang sepele. Melainkan, harus membutuhkan kekuatan yang tangguh serta kuat. Bahkan, pikiran yang dimiliki harus selalu dalam kondisi baik. Penentuan dari seorang founder wirausahawan sangat berpengaruh pada usaha. Sehingga wirausahawan harus selalu memiliki visi dan misi yang jelas dan dapat menganalisis kebutuhan pasar dikemudian hari.

3. Menghasilkan Kesejahteraan Masyarakat

Dengan wirausaha maka bisa menghasilkan kesejahteraan masyarakat. Bagaimana bisa seorang wirausahawan mensejahterahkan masyarakat? Salah satu caranya dengan membuka lapangan pekerjaan. Karena, kebutuhan hidup bisa di peroleh dari upah hasil bekerja.

Itulah ulasan lengkap mengenai pengertian wirausahawan, ciri ciri beserta tujuannya. Perlu diketahui bahwa peran wirausahawan dalam kemajuan perekonomian nasional sangatlah tinggi. Mereka memiliki jiwa yang mandiri, motivasi tinggi dan kemauan serta berkemampuan untuk mengubah tantangan yang menjadi peluang. Dengan ini, maka wirausahawan memiliki peran yag besar dalam perekonomian nasional terutama membuka lapangan kerja, meingkatkan pendapatan nasional, mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial. Jadi, sudah siapkah anda menjadi seorang wirausahawan?

Spread the love

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.