Pengertian, Istilah, dan Tujuan Unit Kesehatan Sekolah (UKS)

Unit Kesehatan Sekolah atau Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah suatu usaha kesehatan masyarakat yang ditujukan kepada warga sekolah. Warga sekolah tersebut bisa anak didik, guru, dan karyawan sekolah yang lainnya. Biasanya prioritas dari pelaksanaan unit kesehatan sekolah ini banyak diberikan kepada Sekolah Dasar (SD) karena di sana yang menjadi dasar dari sekolah-sekolah untuk menuju ke jenjang yang selanjutnya. Simak lebih dalam mengenai apa saja pengertian unit kesehatan sekolah menurut para ahli.

Pengertian unit kesehatan sekolah yaitu usaha yang dilakukan oleh sekolah dengan tujuan untuk menolong murid dan warga sekolah yang sedang sakit dan berada di lingkungan sekolah. Unit kesehatan sekolah atau UKS ini biasa dilakukan di ruang kesehatan yang terletak di sekolah. Dalam sejarahnya, UKS berawal dari tahun 1956 yang mulai dirintis melalui project pilot di Jakarta dan Bekasi dan bekerjasama dengan Departemen Kesehatan, Departemen Pendidikan, dan juga Departemen Dalam Negeri.

Pengertian Unit Kesehatan Sekolah Menurut Para Ahli

Adapun pengertian unit kesehatan sekolah secara umum di atas akan diperjelas dengan pengertian dari unit kesehatan sekolah berdasarkan pendapat dari para ahli. Di bawah ini adalah pengertian unit kesehatan sekolah menurut para ahli :

1. Notoatmojo (2007)

Unit kesehatan sekolah yaitu pendidikan kesehatan yang dapat menghasilkan sebuah perubahan atau peningkatan dan juga akan berpengaruh terhadap sikap dan perilaku. Perubahan dari pengetahuan, sikap dan perilaku terhadap kesehatan ini dapat meningkatkan keterampilan di dalam melaksanakan hidup yang sehat.

2. Departemen Kesehatan Republik Indonesia (2006)

Suatu wahana belajar mengajar yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hidup yang sehat. Sehingga bisa meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan dari peserta didik yang lebih harmonis dan optimal. Hal ini menjadikan sumber daya manusia yang lebih berkualitas.

3. Azrul Azwar

Definisi unit kesehatan sekolah yaitu suatu bagian dari usaha kesehatan pokok yang membebaskan tugas dari puskesmas. Unit kesehatan sekolah ini ditujukan kepada sekolah-sekolah dengan anak didik beserta lingkungan hidupnya. Hal ini bertujuan dalam rangka mencapai keadaan kesehatan yang baik dari anak didik dan harapannya meningkatkan prestasi belajar anak di sekolah.

4. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Upaya untuk membina dan membangkitkan kebiasaan hidup yang sehat. Kebiasaan ini dilakukan secara terpadu melalui program pendidikan dan yankes di sekolah, perguruan agama dan usaha-usaha yang dilakukan di dalam pembinaan dan pemeliharaan kesehatan dalam program lingkungan sekolah.

5. Wikipedia

Menurut Wikipedia UKS adalah Suatu program dari pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan, dan pembinaan dengan lingkungan sekolah yang sehat atau kemampuan hidup sehat bagi warga di sekolah. Melalui program unit kesehatan sekolah diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan serta perkembangan peserta didik yang lebih harmonis dan optimal agar menjadi sumber daya yang berkualitas.

unit kesehatan sekolah

Istilah-Istilah dalam Unit kesehatan sekolah

Ternyata unit kesehatan sekolah juga memiliki beberapa istilah yang perlu Anda ketahui dan pahami. Berikut ini adalah istilah-istilah unit kesehatan sekolah :

1. Trias Unit Kesehatan Sekolah

Trias unit kesehatan sekolah ini meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, serta pembinaan sekolah lingkungan sehat.

2. Diksanter Trias Unit Kesehatan Sekolah

Yaitu pendidikan dasar dan juga terapan yang pertama kali diadakan oleh kelompok belajar dan ekstrakulikuler Jurnalisme Adiiwiyata Bermitra yang digagas oleh Muhammad Hamzanw als Emzet Juwiter. Diksanter ini dilakukan melalui kerjasama dengan bidang Promkes Dinas kesehatan dari Kabupaten atau Kota.

3. Kader Kesehatan Remaja

Istilah ini biasanya berlaku untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Kader kesehatan remaja ini biasanya dibentuk oleh masing-masing sekolah dari hasil pelatihan yang diselenggarakan oleh instansi tertentu. Biasanya sekolah tersebut akan mengikutsertakan peserta didiknya.karena, cukup penting untuk menyadarkan pentingnya kesehatan sejak dini.

4. Mading dan Tugu Unit Kesehatan Sekolah

Biasanya mading dan tugu dari unit kesehatan sekolah diletakkan di depan ruang yang dijadikan sebagai ruang UKS. Sementara itu, fungsi dari mading, tugu, dan ruang unit kesehatan sekolah ini biasanya dijadikan sebagai pusat pelayanan kesehatan ketika pihak sekolah sedang menyelenggarakan jadwal pelayanan kesehatan. Isi dari mading tersebut dapat berupa poster atau informasi kegiatan atau info tentang kesehatan untuk warga sekolah.

5. Dokter Cilik

Biasanya istilah dokter cilik ini untuk sebutan murid di tingkat Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang menjadi staff dari unit kesehatan sekolah di bawah bimbingan dari guru. Dokter ciliki dipilih dan diseleksi, lalu diajarkan mengenai cara pertolongan pertama oleh dokter yang sesungguhnya dipanggil oleh pihak sekolah untuk membimbing dokter cilik. Minat siswa akan hal ini juga cukup tinggi. Jadi, timbal balik yang di dapatkan juga begitu berarti.

Tujuan Unit Kesehatan Sekolah

Tujuan umum dari diselenggarakannya program unit kesehatan sekolah yaitu untuk meningkatkan kemampuan hidup yang sehat dan derajat dari kesehatan peserta didik serta menciptakan lingkungan lebih baik lagi. Dengan memahami tujuan tersebut, maka bisa menumbuhkan dan mengembangkan anak didik yang harmonis dan optimal. Adapun tujuan unit kesehatan sekolah secara khusus yang akan dijelaskan pada poin-poin berikut ini :

1. Memberikan Kesehatan Kepada Anak-Anak Sekolah dan Lingkungannya

Tujuan ini akan mencapai keadaan dimana kesehatan dari anak-anak sekolah dan lingkungannya menjadi lebih terjamin dan dapat memberikan kesempatan untuk tumbuh atau berkembang secara harmonis serta belajar yang lebih efisien dan juga optimal. Dengan tujuan ini maka dapat berguna untuk menurunkan angka kesakitan dari anak-anak sekolah.

2. Memberikan Pengetahuan Kepada Anak-Anak Sekolah

Di harapkan bahwa peserta didik dapat mempunyai pengetahuan, sikap, dan juga keterampilan untuk melaksanakan prinsip-prinsip hidup yang sehat. Serta berpartisipasi aktif di dalam usaha peningkatan kesehatan di lingkungan sekolah. Lingkungan yang sehat ini dimulai dari diri sendiri seperti mencuci tangan sebelum makan, dan lainnya. Hal ini penting untuk memulai mengajarkan kebaikan sejak dini.

3. Melayani Kesehatan Di Sekolah

Tujuannya yaitu memberikan kenyamanan serta keamanan bagi anak-anak maupun warga sekolah yang lainnya dalam hal kesehatan. Pelayanan kesehatan terhadap anak di sekolah tentunya sangat penting karena mereka tidak perlu jauh-jauh menuju ke pelayanan kesehatan lain. Hal ini akan memberikan pertolongan pertama terhadap kesehatan warga sekolah. Karenanya, sampai saat ini UKS masih terus dilakukan peningkatan. Terlebih, fokus sekolah juga cukup tinggi dalam hal ini.

Nah, itulah istilah, tujuan, serta pengertian unit kesehatan sekolah. Adapun sasaran unit kesehatan sekolah yaitu seluruh dalam kategori pendidikan harus ada dan memberikan . UKS sangat membantu dalam kesehatan di lingkungan sekolah. Karenanya, sangat penting untuk tetap memberikan peningkatan terhadap kinerha UKS. Karena itu, penting bagi anda memahami artikel diatas dengan benar. Karena, awal mula dari adanya perubahan yaitu dengan pemahaman benar. Semoga bermanfaat !

Spread the love

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.