Pengertian, Macam-Macam, dan Ciri dari Teks Prosedur

Pengertian teks prosedur secara umum yaitu teks yang isinya tentang langkah-langkah untuk melakukan suatu kegiatan tertentu yang baik dengan membuat atau menghasilkan sesuatu yang disajikan secara berurutan untuk mencapai suatu tujuan. Dengan mengandalkan teks prosedur maka Anda bisa dengan mudah menyelesaikan suatu pekerjaan tanpa mengalami kesulitan. Karena semuanya sudah dijelaskan secara runtut mengenai tahap-tahap yang harus dikerjakan dari awal hingga akhir.

Adapun tujuan teks prosedur adalah untuk memberikan sebuah panduan kepada pembaca untuk memahami bagaimana cara membuat atau melakukan sesuatu dengan baik dan benar. Jadi, dengan Anda mengikuti prosedur-prosedur yang ada dalam melakukan suatu hal atau pekerjaan. Maka diharapkan akan memberikan hasil akhir yang tepat dan sesuai dengan keinginan. Pahami pengertian teks prosedur dengan lebih dalam pada artikel berikut ini.

pengertian teks prosedur

Pengertian Teks Prosedur Menurut Para Ahli

Kami akan membahas lebih mendalam mengenai pengertian dari teks prosedur berdasarkan pendapat dari para ahli. Inilah beberapa pengertian teks prosedur menurut para ahli :

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Dalam KBBI teks prosedur adalah suatu tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas tertentu. Prosedur ini menjadi metode dari langkah demi langkah secara pasti dalam memecahkan suatu masalah yang ada.

2. Mulyadi

Prosedur yaitu urutan suatu kegiatan kleriekal yang biasa melibatkan beberapa orang di dalam penanganannya secara seragam terhadap transaksi dari perusahaan yang sering terjadi secara berulang-ulang.

3. Gerald Cole

Menurut Gerald Cole Teks prosedur dalah suatu urutan yang menjadi pekerjaan dan melibatkan beberapa orang dalam suatu bagian yang disusun untuk menjamin adanya perlakuan yang seragam terhadap transaksi perusahaan.

4. Fauzi

Menurutnya Prosedur yaitu urutan dari pekerjaan administrasi yang melibatkan beberapa orang di dalam satu bagian yang disusun untuk menjamin adanya suatu perlakuan yang seragam terhadap transaksi dari perusahaan yang sering terjadi.

5. Kamaeuddin

Prosedur merupakan suatu susunan yang teratur dari sebuah kegiatan yang berhubungan antara satu dengan lainnya. Serta, prosedur-prosedur yang saling berkaitan dan memudahkan dalam melaksanakan atau menyelesaikan suatu kegiatan utama dari suatu organisasi.

6. Ismail Masya

Ismail Masya berpendapat prosedur berarti suatu rangkaian dari tugas-tugas yang saling berhubungan dan hanya urutan waktu. Serta, tata cara tertentu untuk melaksanakan suatu pekerjaan yang dilakukan secara berulang-ulang.

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Secara mudah, teks prosedur ini adalah teks yang berisi langkah-langkah untuk melakukan sesuatu. Anda hanya membutuhkan langkah-langkah tersebut dari awal hingga akhir untuk dapat menyelesaikan suatu tugas yang diinginkan. Apabila Anda masih merasa kebingungan mengenai apa saja yang sebenarnya masuk ke dalam golongan teks prosedur. Berikut ini akan dijelaskan ulasan sederhana tentang ciri-ciri teks prosedur :

1. Menggunakan Kalimat Perintah

Untuk menegaskan sesuatu teks prosedur menggunakan kalimat perintah atau kalimat imperatif. Dimana kalimat mengandung makna untuk meminta atau memerintahkan kepada seseorang agar melakukan suatu hal yang tepat dan sesuai dengan prosedur tersebut. Misalnya “Tolong kerjakan tugasmu!”, ”Jangan menunda-nunda pekerjaan!”, “Jangan pernah menyerah!” dan lain sebagainya.

2. Menggunakan Kata Kerja Aktif

Kata kerja aktif dimaksudkan untuk memberikan suatu tindakan kepada objek yang ada. Arti yang disampaikan juga jelas dan tertuju. Misalnya “Menangkap”, “Memukul”, “Mematikan”, “Menyalakan”, “Memakan”, “Menjatuhkan”, “Menendang”, “Melempar”, “Menindih” dan kata kerja aktif lainnya yang bisa dimasukkan ke dalam teks prosedur. Sehingga,akan memberikan sebuah teks prosedur yang sesuai dengan semestinya dan memberikan kejelasan di dalam teks tersebut.

3. Menggunakan Kata Penghubung

Teks prosedur menggunakan kata penghubung atau konjungsi digunakan untuk mengurutkan suatu kegiatan. Kata penghubung di sini untuk menyatakan waktu dari kegiatan yang ada dan sifatnya kronologis. Misalnya “Setelah itu”, “Selanjutnya”, “Kemudian”, “Lalu”, “Berikutnya” atau kata lain yang bisa digunakan sebagai kata penghubung sehingga di dalam teks prosedur tersebut akan menjadi sebuah prosedur yang runtut dari satu langkah ke langkah yang lain.

4. Teks Prosedur Menggunakan Kata Keterangan

Ada saatnya teks prosedur menggunakan kata keterangan sebagai bentuk untuk menyatakan waktu secara rinci, tempat terjadi, dan cara yang akurat. Kata keterangan ini berguna untuk menambahkan atau memberikan suatu keterangan kepada kata yang lain. Misalnya “Aku menyapu lantai menggunakan sapu”, “Bapak pergi ke kantor besok pagi”, “Adik mengerjakan PR di malam hari” dan kalimat lain yang meliputi kata keterangan. Terpenting, keterangan yang digunakan harus jelas dan tepat.

Jenis – jenis kalimat teks prosedur

  1. Kalimat Imperatif
    Yaitu kalimat yang mengandung perintah dan fungsinya untuk meminta atau melarang seseorang untuk melakukan sesuatu.
  2. Kalimat Deklaratif
    Merupakan kalimat yang berisi pernyataan dan fungsinya untuk memberikan informasi atau berita mengenai sesuatu.
  3. Kalimat Interogratif
    Maksudnya kalimat yang berisi pertanyaan dan fungsiya untuk meminta informasi mengenai sesuatu.

Struktur Teks Prosedur

Perlu diketahui bahwa di dalam pembentukannya, teks prosedur ini memiliki tiga struktur. Diantara ketiga struktur teks prosedur ini yaitu :

  1. Bagian tujuan yang berisi judul dan tujuan dari pembuatan teks prosedur tersebut
  2. Bagian material yang berisi bahan, alat atau material yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu tugas,
  3. Bagian langkah-langkah yang berisi tahap-tahap yang harus ditempuh untuk mendapatkan hasil.


Macam-Macam Teks Prosedur

Saat ini teks prosedur terbagi menjadi beberapa macamnya. Poin-poin di bawah ini akan mengulas lengkap mengenai apa saja macam-macam teks prosedur :

1. Teks Prosedur Sederhana

Pertama Teks prosedur sederhana merupakan langkah yang ditempuh hanya dengan dua atau tiga langkah saja atau merupakan teks prosedur yang ringan. Contoh untuk teks prosedur sederhana ini misalnya “Prosedur menghidupkan televisi”, “Prosedur menyiram bunga di taman”, “Prosedur menyalakan kompor”, “Prosedur mematikan komputer”, “Prosedur membuat mie instan” dan prosedur-prosedur sederhana yang lainnya.

2. Teks Prosedur Protokol

Yang kedua teks prosedur protokol merupakan langkah-langkah yang tidak terlalu ketat dan rumit sehingga mudah untuk dipahami. Contoh untuk teks prosedur protokol misalnya “Membuat akun Gmail”, “Membuat Kue Kukus” dan yang lainnya.

3. Teks Prosedur Kompleks

Selanjutnya teks prosedur yang satu ini terdiri dari banyak langkah dan setiap langkahnya akan berjenjang dengan sublangkah. Pehamanan yang tepat dalam membuatnya tentu sangatlah diperlukan. Karena, menyangkut kebutuhan untuk banyak orang. Terlebih, agar mudah untuk dipahami. Contoh untuk teks prosedur kompleks ini misalnya “Prosedur tentang proses pembuatan KTP”, “Prosedur terkena tilang”, “Prosedur mengirim surat melalui kantor pos” atau prosedur yang lainnya.

Contoh Teks Prosedur

Berikut penulis berikan contoh teks prosedur protokol dengan judul
“Cara Membuat Bolu Kukus Coklat”

Teks prosedur bolu kukus coklat

Bahan:

  • Mentega 200 g. Lelehkan
  • Loyang kue
  • Tepung terigu 100 g
  • Coklat bubuk 50 g
  • Susu kental manis coklat 190 ml
  • Cake emulsifier 1 sdt
  • Gula pasir 100 g
  • Telur ayam 5 butir

Cara Membuat:

  1. Ayak tepung terigu. Sisihkan.
  2. Masukkan gula, telur, dan cake emulsifier dalam wadah lalu kocok dengan menggunakan mixer berkecepatan tinggi. Kocok hingga mengembang.
  3. Sambil terus dikocok, tambahkan cokelat bubuk dan susu kental manis cokelat. Kocok hingga rata. Turunkan kecepatan mixer.
  4. Tuang tepung terigu sedikit demi sedikit.
  5. Tambahkan mentega yang telah dilelehkan.
  6. Siapkan loyang yang telah diolesi mentega.
  7. Tuang adonan dalam loyang hingga tinggi loyang.
  8. Kukus selama 20 menit atau hingga mengembang.
  9. Diamkan pada suhu ruangan selama 5 menit lalu keluarkan kue dari loyang.
  10. Bolu kukus cokelat siap dihidangkan.

Sekian ulasan pengertian teks prosedur, macam – macamnya dan contohnya. Untuk membuat teks prosedur anda bisa memanfaatkan aplikasi Microsoft Word karena tulisan anda bisa lebih rapi. Semoga bermanfaat !

Spread the love

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.