Pengertian, Manfaat, dan Macam-Macam Gaya Renang

Pengertian renang yaitu suatu gerakan yang dapat dilakukan oleh manusia dan juga hewan ketika mereka berada di dalam air. Renang adalah salah satu dari cabang olahraga akuatik. Jika sedang berenang, biasanya upaya yang dilakukan yaitu dengan menggerakkan tangan dan kaki dengan tujuan mengangkat semua bagian tubuh ke atas permukaan air. Renang ini biasanya dilakukan tanpa perlengkapan ataupun bantuan.

Renang merupakan cabang olahraga yang menggunakan anggota tubuh bagian tangan dan kaki untuk dapat bergerak di dalam air. Olahraga renang ini juga dapat diperlombakan untuk adu kecepatan dari para perenang. Perenang akan memenangkan lomba ketika mereka dapat menyelesaikan jarak lintasan tercepat. Selain adu kecepatan, olahraga renang dapat juga diperlombaan sebagai lompat indah dan lain-lain. Peraturan renang dalam hal perlombaan telah diatur oleh FINA

pengertian manfaat renang

Pengertian Renang Menurut Para Ahli

Untuk semakin memahami mengenai apa itu pengertian renang. Maka kali saya memaparkan tentang pengertian dari renang yang didasarkan pada pendapat dari para ahli. Berikut adalah pengertian renang menurut para ahli

1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pengertian renang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu kegiatan untuk menggerakkan badan, melintas, mengapung, dan juga menyelam di dalam air dengan menggunakan kaki, tangan, sirip, ekor, dan lain sebagainya.

2. Menurut Arma Abdoelah (1981: 270)

Pengertian dari renang menurut Arma Abdoelah ini adalah suatu macam dari olahraga yang dilakukan di dalam air, baik dilakukan di air tawar maupun di air asin atau di laut.

3. Menurut Kasiyo Dwijowinoto (1979: 1)

Menurut Kasiyo Dwijowinoto ini adalah cabang olahraga yang diajarkan kepada segala umur, baik diajarkan kepada anak-anak maupun orang yang sudah dewasa. Untuk bayi yang masih berumur beberapa bulan juga sudah bisa untuk diajarkan berenang.

4. Menurut Badruzaman (2007: 13)

Badruzaman berpendapat jika di artikan ke dalam bahasa indonesia adalah suatu cara yang dilakukan oleh seseorang maupun oleh hewan untuk dapat menggerakkan tubuhnya di dalam air.

5. Menurut Wikipedia

Suatu olahraga yang melombakan kecepatan atau speed dari para atlet renang. Aktifitas dari berenang selain dijadikan sebagai sebuah olahraga juga bisa diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari seperti mencari ikan, mendinginkan tubuh, berburu, dan juga untuk menyeberangi sungai atau laut dan keperluan yang lainnya

Manfaat Renang Untuk Kesehatan Anda

Kegiatan renang ini termasuk ke dalam olahraga yang dapat menyehatkan tubuh. Adapun manfaat renang yang dapat menyehatkan antara lain

1. Mencegah Obesitas

Manfaat dari renang yang pertama yaitu dapat mencegah obesitas dan menurunkan berat badan. Olahraga renang ini bisa membakar banyak kalori dari dalam tubuh karena bagian-bagian dari tubuh saling bekerja sama dalam menyelesaikan gerakan dari renang itu sendiri. Untuk rata-rata kalori yang terbakar dengan melakukan renang adalah dapat membakar kalori sebanyak 800 hingga 900 dalam waktu 1 jam berenang.

2. Menghilangkan Stress

Dengan melakukan olahraga renang ini maka Anda bisa membuat tubuh dan juga pikiran menjadi lebih rileks dan bisa meningkatkan energi dalam tubuh. Jadi, banyak orang yang melakukan renang ini bisa terbebas dari beban pikiran dan rasa khawatir.

3. Meningkatkan Daya Stamina

Orang-orang yang melakukan renang secara teratur dapat memiliki daya tahan jantung yang kuat serta stamina otot yang juga baik. Jadi, mereka dapat lebih cepat sembuh dari cedera otot bagi mereka yang mengalami cedera atau mudah merasa lelah.

4. Meringankan Rasa Sakit dan Nyeri

Rasa sakit dan nyeri ini dapat diringankan dengan melakukan renang. Hal ini dikarenakan dengan berenang maka tidak akan menegangkan jaringan-jaringan ikat di dalam tubuh. Maka dari itu, olahraga renang ini sangat baik dilakukan oleh siapa saja yang menderita keterbatasan fisik. Aktifitas renang dapat meringankan rasa sakit dan nyeri yang sering dialami oleh penderita sakit punggung kronis dan penderita artritis serta osteoporosis.

5. Baik untuk Ibu yang sedang Hamil

Manfaat selanjutnya dari renang juga bisa didapatkan oleh ibu hamil. Dengan melakukan gerakan renang maka bisa memperkuat otot perut dan otot bahu. Berenang juga bisa meredakan nyeri sendi dan gejala-gejala tidak enak badan lainnya yang berhubungan dengan kehamilan.

Macam-macam Gaya Renang

Berenang juga memiliki bermacam-macam gaya yang bisa Anda tiru dan lakukan ketika sedang berenang. Macam-macam gaya renang tersebut akan diulas pada poin-poin berikut ini.

1. Renang Gaya Kupu-Kupu

Berenang gaya kupu-kupu atau gaya lumba-lumba ini yaitu salah satu gaya renang dengan memposisikan dada menghadap ke permukaan air. Jadi, kedua belah lengan ini secara bersamaan ditekan ke arah bawah dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan. Sementara itu, kedua belah kaki secara bersamaan melakukan gerakan menendang ke bawah dan ke atas seperti gerakan pada sirip ekor lumba-lumba. Teknik renang gaya kupu-kupu ini merupakan gaya berenang terbaru.

2. Renang Gaya Bebas

Pengertian renang gaya bebas yaitu berenang dengan posisi dada menghadap permukaan air. Kedua tangan digerakkan ke depan dengan gerakan mengayuh secara bergantian, dan untuk kedua kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan juga ke bawah. Posisi wajah juga dihadapkan ke permukaan air. Pernafasan pada gaya bebas ini dilakukan ketika lengan digerakkan ke luar dari air dan saat tubuh menjadi miring dan kepada berpaling ke arah samping.

3. Renang Gaya Dada

Renang gaya dada ini adalah gaya renang yang paling populer untuk renang rekreasi. Posisi tubuh akan stabil dan kepada dapat berada di luar air dalam waktu yang lama. Pada posisi dada menghadap ke permukaan air (berbeda dengan gaya bebas), batang tubuh akan selalu dalam keadaan tetap. kedua kaki menendang ke luar dan kedua tangan lurus ke depan serta dibuka ke samping seperti membelah air agar badan maju ke depan seperti gerakan katak.

4. Renang Gaya Punggung

Ketika berenang gaya punggung maka posisi punggung menghadap ke permukaan air dan posisi wajah berada di atas air sehingga lebih mudah dalam mengambil nafas. Perenang hanya bisa melihat ke arah atas dan tidak bisa melihat ke depan. Gerakan lengan dan kaki pada gaya ini sama dengan gaya bebas namun posisi tubuh lebih telentang di permukaan air. Kedua tangan digerakkan ke pinggang seperti mengayuh secara bergantian dan mulut serta hidung berada di luar air untuk mengambil nafas.

Ulasan di atas telah dibahas mengenai apa saja yang menjadi pengertian renang, macam-macam gaya renang, dan juga manfaat dari renang. Tentu, sangat penting bagi anda memahami semua yang telah kami sampaikan. Jangan sampai, ada yang tidak di pahami ya. Semoga bermanfaat!

Spread the love

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.