Pengertian Poster, Jenis-Jenis, dan Aplikasi Untuk Membuatnya

Poster adalah suatu media publikasi yang berisi teks, gambar, atau perpaduan dari keduanya dimana tujuan dari dibuatnya poster yaitu untuk memberikan informasi atau pesan kepada khalayak umum. Secara umum poster ini didefinisikan sebagai suatu pengumuman atau iklan yang bentuknya bisa berupa gambar atau tulisan yang ditempel di dinding atau tempat-tempat umum yang strategis yang bisa dengan mudah dilihat oleh orang. Simak lebih lengkapnya mengenai pengertian poster.

Konten poster yaitu suatu informasi, pesan atau berita yang dikelola atau dipadu padankan dengan gambar dan tulisan yang berada pada satu kertas yang dinamakan poster. Poster ini bersifat persuasif atau tujuan poster ini yaitu untuk mengajak orang lain. Hal ini yang menjadi penyebab mengapa poster harus dibuat semenarik mungkin agar pembacanya bisa terpengaruh dan bisa mengikuti pesan yang ada pada poster tersebut.

pengertian poster

Pengertian Poster Menurut Para Ahli

Agar dapat lebih paham mengenai pengertian poster, tidak ada salahnya untuk memahami definisi dari poster yang dikemukakan oleh para ahli. Pendapat megenai pengertian poster ini memang berbeda-beda karena berasal dari orang yang berbeda-beda juga, namun pada intinya makna dari perbedaan tersebut adalah sama. Berikut ini adalah pengertian poster menurut para ahli:

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pengertian dari poster yang pertama berasal dari KBBI yaitu plakat yang dipasangkan di tempat-tempat umum yang berisikan sebuah pengumuman atau iklan.

2. Nana Sudjana dan Ahmad Rivai (2010: 51)

Definisi dari poster menurut kedua ahli tersebut yaitu kombinasi visual dari sebuah rancangan yang kuat dengan warna dan pesan. Dimana tujuan dari dibuatnya poster tersebut untuk menangkap perhatian dari orang-orang yang melihatnya. Serta,cukup lama untuk menanamkan gagasan-gagasan yang berarti di dalam ingatannya.

3. Ruti Susilana dan Cepi Riana (2009: 14)

Poster adalah suatu sajian kombinasi visual yang jelas, mencolok, dan menarik. Hal ini dimaksudkan untuk menarik perhatian dari orang yang lewat.

4. Zanu

Zanu menyatakan bahwa poster sebagai gambar yang dirancang semenarik mungkin dengan menggunakan sedikit kata-kata serta dicetak dan ditempelkan di tempat-tempat tertentu.

5. Arsyad

Arsyad berpendapat bahwa poster adalah suatu media visual dua dimensi yang berisikan tentang gambar dan pesan yang ditulis singkat dengan tujuan untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu. Pesan yang diharapkan ini mampu untuk mempengaruhi dan memotivasi dari tingkah laku orang yang melihatnya.

Jenis – Jenis Poster

jenis jenis poster
source:google.com

Pada umumnya, poster dibedakan menjadi dua kelompok yaitu berdasarkan isinya dan tujuannya. Berikut jenis-jenis poster meliputi :

1. Berdasarkan Isinya

a. Poster Niaga
Poster ini biasa dibuat sebagai media komunikasi tentang hal-hal yang berhubungan dengan penawaran dari barang atau jasa.

b. Poster Kegiatan
Poster berisikan tentang kegiatan-kegiatan yang akan berlangsung, seperti kegiatan senam, jalan sehat, perlombaan, dan lain-lain.

c. Poster Pendidikan
Poster jenis pendidikan dibuat untuk menyampaikan informasi yang isinya mengarahkan atau mendidik masyarakat.

d. Poster Layanan Masyarakat
Berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat yang biasanya digunakan untuk menyampaikan informasi pelayanan kesehatan. Biasanya, digunakan oleh pemerintah untuk menyampaikan informasi sosial.

e. Poster Karya Seni
Poster Karya Seni merupakan poster yang bersifat ekspresif. Pesan-pesan yang disampaikan di dalamnya bisa diartikan berbeda oleh orang satu dengan orang yang lainnya.

2. Berdasarkan Tujuannya

a. Poster Propaganda
Poster ini ditujukan untuk mengembalikan semangat dari pembaca atas perjuangan seseorang dalam melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan.

b. Poster Kampanye
Poster dengan jenis kampanye diperuntukan dalam mencari simpati dari masyarakat ketika dilakukannya pemilihan umum.

c. Poster Komersial
Di pakai untuk mempromosikan suatu barang atau jasa yang biasa dijual oleh perusahaan.

d. Poster Afirmasi
Dibuat untuk memberikan motivasi kepada masyarakat yang isi dari posternya terdapat kata-kata yang mudah mempengaruhi.

e. Poster “Dicari”
Biasa digunakan untuk mencari orang atau benda yang hilang. Terbukti, dengan memberikan poster ini cukup efektif hasilnya.

f. Poster Film
Poster yang satu ini biasa digunakan untuk mempromosikan suatu film sehingga masyarakat akan tertarik untuk menontonnya.

g. Poster “Cheescake”
Dibuat untuk menarik perhatian dari masyarakat yang memuat nama-nama atau orang yang terkenal seperti artis, penyanyi, dan lain-lain.

h. Poster Komik
Poster komik ditujukan untuk memperkenalkan buku-buku komik agar orang-orang yang melihatnya dapat tertarik untuk membacanya.

i. Poster Riset
Merupakan jenis poster yang biasa digunakan untuk mempromosikan sesuatu yang berkaitan dengan keperlua riset. Umumnya, di tujukan pada kalangan berpendidikan tinggi. Yaitu untuk mahasiwa ataupun para dosen dan peneliti sesuai bidangnya masing-masing.

j. Poster Kelas
Memiliki tujuan untuk memotivasi pelajar tersebut agar giat belajar dan tertib ketika berada di dalam kelas. Umumnya di pajang di mading kelas agar mudah untuk di lihat oleh para siswa. Poster biasanya terletak di sekolah atau di kampus yang banyak pelajar belajar.

Aplikasi Untuk Membuat Poster

Jika Anda ingin membuat poster namun belum mengetahui aplikasi apa yang sebenarnya dibutuhkan untuk menghasilkan poster. Berikut ini kami sampaikan aplikasi untuk membuat poster yang bisa Anda gunakan:

1. Aplikasi Photoshop

Software pertama yang bisa Anda gunakan yaitu dengan Photoshop. Jika Anda memilih Photoshop sebagai aplikasi yang digunakan untuk membuat poster maka, harus memikiki beberapa gambar terlebih dahulu. Kumpulan gambar tersebut bisa dipadukan menjadi satu gambar ilustrasi yang berkarakter dan ditambah dengan efek yang terdapat di Photoshop. Kemudian, edit dan berikan kesan gambar ilustrasi tersebut menjadi memiliki pesan yang mudah dicerna.

2. Aplikasi Corel Draw

Aplikasi kedua yang bisa digunakan untuk membuat poster yaitu Corel Draw. Merupakan aplikasi editing berbasis vektor yang bisa digunakan untuk menggambar berbagai macam ilustrasi. Cara editing di aplikasi ini cukup mudah, Anda bisa hanya menggabungkan beberapa bangun dua dimensi menjadi gambar ilustrasi. Dari gambar 2 dimensi tersebut juga bisa dijadikan gambar 3 dimensi. Jenis poster yang sesuai seperti poster propaganda, edukasi, afirmasi, dan riset.

3. Aplikasi Office Word

Siapa sangka, ternyata Ms.Word juga bisa dimanfaatkan untuk membuat poster. Memang, tidak semua orang memiliki spesifikasi yang tinggi dalam menjalankan aplikasi editing. Karena itu, solusinya menggunakan Ms.Word. Poster yang bisa dibuat di aplikasi ini hanya sekedar poster afirmasi. Namun, untuk hasilnya sendiri tidak kalah keren dengan menggunakan aplikasi. Terpenting, sabar dan niat dalam membuatnya.

Itulah ulasan mengenai pengertian poster yang bisa Anda pahami. Perlu diketahui bahwa fungsi poster untuk memberikan tambahan pemahaman mengenai suatu informasi kepada banyak orang. Karenanya, tidak heran jika banyak orang membuatnya menarik namun tetap tersampaikan maknanya. Karena, jika kurang unik orang tidak tertarik bukan? Semoga bermanfaat !

Spread the love

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.