Pengertian Pengusaha, Manfaat Dan Tips Berwirausaha

Peranan yang dimiliki oleh pengusaha juga begitu penting. Terutama, dalam peningkatan sektor ekonomi masyarakat. Pengusaha menjadi pionir untuk membuat ekonomi lebih berkembang. Pengusaha tidak bisa di samakan dengan wirausaha karena merupakan dua hal yang berbeda. Secara dasar arti pengusaha merupakan pelakunya sedangkan pengertian wirausaha ialah peluangnya. Ingin tahu lebih jelas mengenai pengertian pengusaha, manfaat dan tips berwirausaha? Baca terus artikel berikut ini !

Pengertian Pengusaha Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa pengertian dari pengusaha yang perlu untuk anda pahami. Berikut ini pengertian pengusaha menurut para ahli meliputi:

1. Arif F. Hadipranata

Pengusaha adalah orang yang mampu mengambil keputusan dalam usahanya dan memberian banyak keuntungan. Dirinya merupakan bagian inti dalam usaha yang sedang di kelola. Keterlibatannya menjadi penentu usahanya kedepan.

2. Mardiasmo (2008:36)

Pengusaha berarti seseorang yang memiliki pekerjaan menghasilkan,mengekspor, mengimpor barang atau melakukan perdagangan. Memanfaatkan barang yang tidak berwujud untuk kemudian di lakukan penjualan dengan memanfaatkan jasa dari luar kantor.

3. Robbin & Coulter

Pengusaha ialah seseorang atau kelompok yang memanfaatkan peluang untuk mendapatkan keuntungan. Dalam menjalankannya, dapat menggunakan sumber daya apapun selama telah di sepakati.

4. Jean Baptista Say

Seorang pengusaha mampu untuk memanfaatkan peluang produkti yang lebih inovatif untuk menghasilkan keuntungan. Terutama, keuntungan dalam kegiatan wirausaha yang sedang di lakukannya.

5. Thomas W Zimmerer

Pengusaha ialah orang yang mampu untuk membuat inovasi terbaru dalam memberikan peluang. Kreativitas menjadi hal yang penting, untuk dapat menghasilkan keuntungan di usahannya. Pengusaha harus mampu memberikan keuntungan kepada semua orang yang terlibat.

6. KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI penguasaha berarti orang yang mengusahakan baik perdagangan ataupun lainnya. Terutama untuk usaha di perdagangan maupun industri yang sesuai minatnya masing-masing.

Manfaat Pengusaha

Menjadi seorang pengusaha juga memiliki banyak sekali manfaatnya. Inilah manfaat pengusaha dalam kehidupan perlu anda ketahui.

1. Mengurangi Pengangguran

Seorang pengusaha umumnya memang memiliki banyak karyawan. Hal ini dikarenakan keperluan yang dilakukan umumnya banyak. Terutama, jika usaha yang di jalankan sudah cukup berprofit tinggi. Maka, sudah pasti sangat memerlukan karyawan. Hal ini membantu dalam mengurangi pengangguran.

Sampai saat ini, jumlah penduduk di Indonesia tidak sebanding dengan lapangan pekerjaannya. Menjadi seorang pengusaha merupakan alternatif terbaik dari pekerjaan lainnya. Terutama, manfaatanya membantu untuk membuka lapangan kerja bagi lainnya. Meskipun usaha masih skala kecil, tetapi sudah sangat membantu mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

2. Memperbanyak Relasi

Tidak dapat di pungkiri, bahwa relasi merupakan hal yang cukup penting dalam berwirausaha. Dimana, relasi sangat membantu dalam usaha yang di jalankan. Dengan relasi, semua akan menjadi lebih terbantu terutama dalam hal pemasaran. Produk usaha yang di pasarkan lebih terjangkau ke berbagai daerah.

Selain itu, relasi juga membantu memberikan kritik dan sarannya. Sebagai pengusaha, tentu harus mampu membuat usaha menjadi lebih berkembang. Dengan relasi, dapat dipastikan bahwa usaha yang di jalankan akan jauh lebih baik. Jadi, sangat bermanfaat bukan menjadi pengusaha?

3. Menjadi Lebih kreatif

Menjadi seorang pengusaha dapat membuat anda menjadi lebih kreatif. Terlebih, di era sekarang ini yang semakin membutuhkan berbagai macam inovasi. Usaha yang anda jalankan memerlukan kreatifitas tinggi untuk dapat di minati oleh masyarakat. Terutama, pada permintaan pasar yang memang kerap kali berbeda.

Permintaan pasar sangat penting untuk dapat di jadikan saran pada usaha. Hal ini berguna untuk bersaing kepada kompetitor yang ada. Semakin kreatif usaha yang di buat, maka minat pasar menjadi lebih tinggi. Anda juga bisa berkumpul bersama dengan orang lain untuk menyelesaikan ide-ide cemerlang.

4. Memotivasi Orang Lain

Siapa sangka, bahwa pengusaha dapat menjadi motiviasi bagi orang lain. Banyak pengusaha yang tidak menyelesaikan pendidikannya. Namun, mereka mampu membuktikan bahwa usahanya laku di pasaran. Hal ini memungkinkan anda untuk bisa memberikan motivasi kepada orang lain. Jika “ saya sudah bisa” seharusnya anda juga “ bisa melakukannya”. Manfaat seperti inilah yang seharusnya dapat di ketahui oleh banyak kalangan.

Banyak orang yang berpikir bahwa berwirausaha tidak memiliki pegnhasilan tetap. Tetapi, perlu di ketahui bahwa penghasilan yang didapatkan justru sangatlah melimpah. Terlebih, jika anda mengerjakannya dengan sungguh-sungguh. Saat ini, sudah banyak sekali contoh pengusaha yang dapat di jadikan motiviasi. Dijamin, manfaatnya sangat jelas !

Tips Berwirausaha Agar Sukses

Tertarik untuk menjadi seorang pengusaha yang menjalankan bisnis dengan benar? Kenali tipsnya dengan membaca artikel berikut ini.

1. Manfaatkan Waktu Sebaik Mungkin

Tentu, anda pernah mendengar peribahasa “ time is money” yang berarti waktu adalah uang. Sebagai seorang pengusaha, sangat penting untuk memahami hal ini. Dimana, usaha yang dijalankan terkadang memiliki jangka waktu tersendiri. Terutama, dalam pengiriman barang ataupun membuka layanan jasa.

Perlu anda ketahui, bahwa seorang pengusaha memiliki waktu yang sama yaitu 24 jam. Namun, bagaimana jika sudah menentukan keputusan yang besar dan sangat penting? Maka, harus memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Jangan sampai mengecewakan pelanggan.

2. Branding Lebih Unik

Di era sekarang ini, branding menjadi salah satu hal yang cukup penting. Brand usaha yang ditawarkan harus di minati oleh masyarakat. Minimal, dapat di kenal terlebih dahulu oleh masyarakat. Menciptakan sesuatu yang unik dan mudah di kenal oleh masyarakat akan menambah nilai tersendiri.

Banyak sekali cara untuk membuat branding unik. Termasuk dengan memanfaatkan situasi yang sedang viral. Anda dapat melakukan branding di sosial media seperti facebook, twitter, instagram. Hal tersebut sudah banyak di lakukan dan terbukti cukup ampuh.

3. Jangan Mudah Putus Asa

Dalam berwirausaha, tentu banyak tantangan yang akan di hadapi. Jangan mudah putus asa terhadap sesuatu yang sedang menerjang. Jadikan, hal tersebut sebagai tantangan dalam menjalankan usaha. Memang, berwirausaha tidaklah mudah. Namun, percayalah bahwa anda bisa menyelesaikannya.

Sudah pasti, tantangan dalam menjalankan wirausaha tidak bisa di hindari. Jangan berlari untuk meninggalkannya, tetapi hadapi. Bahwa seorang pengusaha mampu menghadapi berbagai macam persoalan, terutama untuk mencapai keuntungan bersama. Dengan begitu, dapat dipastikan bahwa usaha akan terus berjalan !

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai pengertian pengusaha,manfaat dan tips berwirausaha. Pengusaha tentu menjadi peranan yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Pengusaha berkaitan langsung dengan kegiatan wirausaha untuk meningkatkan nilai ekonomi. Jadi, sudah siapkah ada menjadi pengusaha sukses? Jangan ragu, mulai dari sekarang !

Spread the love

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.