Pengertian Observasi oleh Para Ahli dan Manfaatnya

Melakukan sebuah observasi atau pengamatan sangat penting untuk dilakukan, agar seseorang yang melakukan aktivitas tersebut dapat mengetahui dan mendapatkan pengetahuan dari sebuah fenomena, berdasar dari gagasan dan pengetahuan yang sudah diketahui sebelumnya. Nah, tentu saja untuk mendapatkan berbagai macam informasi yang dibutuhkan, maka langkah berikutnya ialah dengan melakukan sebuah penelitian. Baca lebih lanjut pada artikel ini untuk memahami pengertian observasi.

Pengertian observasi tidak hanya sebatas itu saja, bahkan pengertian dari observasi ini terdiri dari banyak pendapat. Tidak sedikit para ahli yang memberikan penjelasan mengenai pengertian dari observasi. Namun, sebelum membahas mengenai beberapa pengertian observasi menurut para ahli, berikut adalah pengertian dari observasi itu sendiri.

Observasi atau yang juga disebut dengan pengamatan, merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan untuk mengetahui sebuah fenomena berdasarkan pengetahuan, serta gagasan yang mana tujuannya untuk mendapatkan sebuah informasi. Nah, informasi ini tentu saja berkaitan dengan suatu peristiwa atau fenomena yang sedang atau sudah terjadi di lingkungan sekitar.

Tentu saja, untuk proses dari pencarian informasi yang satu ini haruslah objektif, nyata dan bisa dipertanggung jawabkan. Hal ini karena berkaitan dengan keaslian dari informasi yang didapatkan.

pengertian observasi

Pengertian Observasi Menurut Para Ahli

Selain pengertian observasi secara umum tersebut, ada juga pengertian menurut para ahli, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan pengertian secara etimologi. Penting bagi Anda untuk mengetahui pengertian dari observasi tersebut agar Anda bisa memahami pengertiannya secara gambling.

1. Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian dari observasi itu sendiri adalah sebagai berikut:

  • Observasi – peninjauan secara cermat
  • Mengobservasi – mengawasi dengan teliti; mengamati.

2. Secara Etimologi

Sedangkan, pengertian observasi secara etimologi berasal dari bahasa latin yang berarti “melihat dan memperhatikan”.

3. Menurut Nawawi dan Martini

Pengertian observasi dari Nawawi dan Martini itu sendiri adalah sebuah pengamatan dan pencatatan yang dilakukan secara urut dan terdiri dari berbagai macam unsur yang bermunculan di dalam suatu fenomena yang terdapat dalam objek penelitian. Hasil dari pengamatan tersebut kemudian akan dilaporkan dengan menggunakan susunan yang sistematis sesuai dengan kaidah yang berlaku.

4. Profesor Heru

Profesor Heru menjelaskan bahwa observasi adalah sebuah pengamatan yang menunjukkan sebuah pembelajaran atau studi dimana merupakan hal yang dilaksanakan secara sengaja, berurutan, terarah serta sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai pada pengamatan yang dilakukan.

Hasil observasi merupakan segala macam kejadian serta fenomena yang telah dicatat. Hasil dari observasi tersebut haruslah tepat, teliti, rinci, akurat, objektif serta bermanfaat dengan pengamatan yang telah dilakukan.

5. Hanna Djumhana

Hanna Djumhana menjelaskan bahwa observasi merupakan sebuah metode ilmiah yang sampai sekarang masih digunakan sebagai langkah pertama di dalam ilmu pengetahuan empiris dan masih mendapat pengakuan dari dunia penelitian karya ilmiah yang mana digunakan sebagai suatu metode ilmiah untuk bisa mengumpulkan data.

6. Menurut Sutrisno Hadi

Pengertian observasi yang satu ini ialah sebuah proses yang amat kompleks serta terdiri dari berbagai macam proses baik itu proses psikologis ataupun proses biologis yang mana dilakukan dengan lebih mementingkan proses ingatan serta pengamatan.

7. Menurut Patton

Sedangkan, menurut Patton pengertian dari observasi itu sendiri adalah suatu metode yang akurat serta spesifik yang digunakan untuk mengumpulkan data dan mempunyai tujuan untuk mencari berbagai macam informasi tentang segala kegiatan atau aktivitas yang sedang berlangsung untuk dijadikan sebagai objek kajian di dalam penelitian.

8. Sudjana

Banyak sekali pengertian observasi yang jelaskan oleh para ahli termasuk Sudjana. Beliau menjelaskan bahwa observasi merupakan sebuah metode penilain yang dipakai agar dapat mengukur suatu proses serta tindakan antar indiviu di dalam sebuah peristiwa yang diamati.

9. Suhasimi Arikunto

Menurut beliau, pengertian observasi itu sendiri adalah sebuah pengamatan yang dilakukan secara langsung tentang suatu objek yang ada di lingkungan baik yang sudah berlangsung ataupun sedang berjalan yang mana meliputi berbagai macam aktivitas perhatian dari suatu kajian objek dengan memanfaatkan penginderaan.

Tindakan dari observasi ini dilakukan secara sengaja ataupun sadar serta sesuai dengan urutan yang dimilikinya.

10. Arifin (2011)

Observasi adalah sebuah proses pengamatan serta pencatatan yang dilakukan secara logis, objektis, sistematis dan rasional tentang berbagai macam fenomena, baik yang ada dalam situasi nyata atau sebenarnya maupun di dalam situasi buatan yang dimaksudkan untuk bisa mencapai suatu tujuan tertentu.

11. Bahrowi (2012)

Pengertian observasi menurut beliau adalah suatu teknik yang digunakan dengan cara untuk melakukan pengamatan dengan teliti dan pencatatan dari hasil observasi tersebut dilakukan dengan cara sistematis.

12. Nurkancana (1986)

Observasi adalah sebuah cara yang dilakukan untuk mengadakan sebuah penilaian dengan menggunakan jalan pengamatan secara langsung serta sistematis. Berbagai macam data yang didapatkan dari kegiatan observasi tersebut dicatat dalam catatan observasi. Kegiatan pencatatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan pengamatan yang sedang dilakukan.

13. Sevilla (1993)

Sevilla mengartikan observasi ini dalam sebuah istilah sederhana yang mana diartikan dalam suatu proses dimana pengamat atau peneliti melihat situasi dari penelitian. Metode satu ini sangat cocok dipakai dalam sebuah penelitian yang meliputi pengamatan suatu kondisi atau interaksi belajar mengajar, interaksi antar kelompok serta tingkah laku bermain anak-anak.

14. Burhan

Burhan menjelaskan bahwa pengertian observasi adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam melakukan suatu kegiatan pengamatan lewat hasil kerja dari salah satu panca indra yakni mata dan dibantu oleh beberapa panca indra lainnya.

15. Menurut Kartono

Kartono menyebutkan bahwa observasi adalah suatu proses studi yang dilakukan terhadap sesuatu dan dikerjakan secara sadar serta sistematis. Yang mana membahas tentang fenomena ataupun kejadian sosial serta psikis lewat pengamatan serta pencatatan.

16. Karl Welck

Karl Welck menjelaskan arti dari observasi itu sendiri, dimana observasi adalah suatu kegiatan pencatatan, pemilihan, penyusunan, penandaan serta penggantian dari serangkaian proses tingkah laku yang diamati serta suasana yang mana mempunyai hubungan dengan suatu organisasi tertentu.

17. Sugiyono

Dalam arti sempit observasi merupakan sebuah proses penelitian yang bertujuan untuk mengamati situasi dan kondisi dari bahan pengamatan. Teknik dari observasi yang satu ini sangat cocok dipakai untuk melakukan sebuah penelitian tentang proses pembelajaran, perilaku, sikap dan lain sebagainya.

Teknik Pengumpulan Data Observasi

pengumpulan data observasi

Pengumpulan data observasi dibedakan menjadi dua jenis yaitu pertama obervasi partisipasi dan yang kedua adalah observasi non partisipasi. Berikut simak lebih lanjut pengertian keduanya:

1. Observasi Partisipasi

Teknik pertama Observasi Partisipasi adalah dimana peneliti ikut dalam setiap kegiatan sehari-hari, melakukan setiap aktivitas yang dilakukan oleh orang yang di teliti. Merasakan secara langsung lingkungan sehari-hari orang diteliti, baik itu perkerjaannya maupun yang lainnya yang berkaitan dengan lingkuangannya.

2. Obervasi Non Partisipasi

Selanjutnya dalam teknik pengumpulan data observasi non partisipasi merupakan kebalikan dari teknik pengumpulan data observasi berperan serta yaitu dimana dalam teknik pengumpulan data ini peneliti tidak terlibat dalam setiap kegiatan obyek yang ditelitinya. Peneliti hanya sebagai pengamat dari obyek yang ditelitinya.

Perlu diketahui Observasi dibedakan menjadi dua, yaitu

1. Observasi terstruktur

Observasi terstruktur observasi yang telah dirancang secara sistematis dalam artian peneliti sudah mengetahui secara terstruktur pengambilan datanya, mengetahui dengan jelas variabel yang akan diamati.

2. Observasi tidak terstruktur

Observasi tidak terstruktur merupakan observasi yang tidak dipersiapkan langkah-langkahnya atau yang belum diketahui oleh pengamatnya. Biasa ini terjadi ketika pembuat penelitian belum mengetahui apa yang akan di amati dan belum jelas arah dalam pengambilan datanya.

Manfaat Observasi

  1. Menambah pengetahuan dan wawasan yang sebelumnya kita belum tahu tentang objek yang kita teliti menjadi tahu terhadap objek penelitian.
  2. Hasil observasi yang telah dilaksanakan dapat dikonfirmasi dengan hasil penelitian.
  3. Pembaca bisa memiliki penafsiran sendiri terhadap temuan objek observasi dan bagaimana hasil obeservasi diinterpretasikan.
  4. Kegiatan observasi dapat menjelaskan proses suatu peristiwa berlangsung dan dapat menguji kualitasnya.
  5. Memperkirakan mengapa sesuatu terjadi dalam kehidupan nyata.
  6. Dapat mencatat suatu gejala yang kadang tidak jelas berlangsungnya.
  7. Mencatat situasi yang tidak dapat direplikasi dalam eksperimen.
  8. Kronologi suatu peristiwa dapat dicatat dengan runtut dan jelas.
  9. Peralatan dan teknologi sekarang dapat merekam secara permanen.
  10. Metode Observasi dapat dikombinasikan dengan metode lain untuk hasil yang lebih baik.

Itulah pengertian observasi yang wajib untuk Anda ketahui baik secara umum, etimologi, KBBI ataupun menurut para ahli. Mengetahui pengertian dari observasi ini sendiri tentu saja sangat penting agar Anda lebih memahami apa yang dimaksud dengan observasi itu sendiri dan apa tujuan sebenarnya.

Dengan mengetahui pengertian observasi tersebut, diharapkan Anda bisa memahami dengan jelas dan bisa melakukan sebuat metode observasi secara cermat dan benar. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.