Pengertian, Manfaat, dan Fungsi Microsoft Word Lengkap

Pengertian microsoft word adalah sebuah perangkat lunak atau program aplikasi pengolah data yang bisa berupa huruf atau angka dan dipergunakan untuk keperluan bisnis, pembuatan laporan, pembuatan dokumen, makalah, skripsi, dan pekerjaan lainnya yang berkaitan dengan tulis menulis. Sejarah Microsoft word sendiri diterbitkan pada tahun 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix lalu diberi nama Microsoft Office Word setelah bergabung bersama Microsoft Office System 2003.

Microsoft word adalah program aplikasi pengolah kata berbasis Windows. Windows di sini adalah salah satu sistem operasi yang berbasis GUI (Graphical User Interface) yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Aplikasi ini lebih banyak dikenal dengan sebutan Ms. Word. Sampai saat ini, Ms.Word menjadi pilihan aplikasi pengolah kata terbaik. Namun, sudahkan anda memahami dengan benar pengertian microsoft word? Jangan khawatir, kami akan mengupas tuntas hanya untuk anda.

pengertian microsoft word 2

Pengertian Microsoft Word Menurut Para Ahli

Jika tadi sudah dibahas mengenai pengertian microsoft word secara umum. Maka kali ini akan diperdalam pengertian tersebut dengan memahami pengertian microsoft word menurut para ahli. Di bawah ini adalah beberapa pengertian dari Microsoft word menurut pendapat para ahli :

1. Wahana (2001: 1)

Microsoft word yaitu program komputer yang difokuskan sebagai aplikasi yang digunakan untuk memproses atau mengolah kata.

2. Wahana Komputer (2003: 2)

Dalam buku yang diterbitkan Wahana Komputer meyebutkan Ms. Word merupakan program aplikasi pengolah kata yang bisa digunakan untuk membantu dalam pembuatan dokumen dari yang sederhana seperti membuat surat pendek dengan amplopnya hingga dokumen yang panjang seperti pembuatan laporan karya ilmiah.

3. Iskandar (2003: 27)

Iskandar mengatakan bahwa Ms.Word berarti aplikasi pengolah kata yang banyak digunakan oleh user komputer baik di lingkungan pendidikan, perusahaan, maupun bisnis.

4. Purnomo (2007: 2)

Menurutnya Microsoft word yaitu program aplikasi pengolah kata versi terbaru yang dikeluarkan oleh Microsoft.

5. Wikipedia

Di kutip dari wikipedia, MS. Word berarti sebuah perangkat lunak pengolah kata atau word processor yang merupakan andalan dari Microsoft.

Manfaat Microsoft word

Setelah mengetahui tentang pengertian dari Microsoft word secara umum dan menurut pendapat para ahli. Selanjutnya Anda perlu memahami manfaat microsoft word. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari Microsoft word :

1. Mempermudah Menyelesaikan Suatu Pekerjaan

Dengan mengandalkan microsoft word, maka Anda bisa mempermudah dalam menyelesaikan suatu pekerjaan dalam bidang penulisan. Jadi, dengan hadirnya Microsoft word ini Anda bisa membuat dokumen yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan dan juga bisa diedit atau dirubah jika terjadi kesalahan ketik sebelum dicetak. Di sini, Anda juga bisa membuat tabel dengan berbagai variasi yang sesuai dengan yang diinginkan.

2. Menghemat Waktu dalam Menyelesaikan Pekerjaan

Jika anda ingin menulis surat untuk banyak orang tak perlu repot – rept menuliskan secara manual, anda bisa menggunakan fungsi dari mail merge untuk membuat surat secara massal sehingga bisa menghemat waktu. Ketika dibandingkan dengan Anda yang harus mengetik atau menulis surat satu persatu tentu Ms.Word jauh lebih cepat.

3. Menghemat Biaya dan Kertas

Mengapa bisa bermanfaat dalam menghemat biaya dan kertas? Hal ini dikarenakan Anda bisa menyimpan sebuah pekerjaan yang telah dibuat di dalam Microsoft word dalam bentuk file. Sehingga tidak memerlukan kertas yang banyak untuk mencetak dokumen. Dalam penghematan kertas cetakan tersebut secara tidak langsung, anda juga telah menghemat biaya operasional.

4. Meminimalisir Tingkat Kesalahan dalam Penulisan

Kesalahan dalam penulisan bisa lebih diminimalisir karena di dalam Microsoft word ada fitur edit. Yang berarti, masih bisa melakukan pengeditan terhadap apa yang sudah di tuliskan. Tentu, hal ini sangatlah membantu.

5. Lebih Efisien dan Cepat dalam Menyelesaikan Pekerjaan

Dengan mengandalkan fitur-fitur yang ada di dalam Microsoft word, maka Anda bisa lebih cepat dan efisien dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Terutama, saat berkaitan langsung dengan penulisan data dalam perkantoran. Ms. Word merupakan solusi yang terbaik.

Fungsi-Fungsi Microsoft word

fitur microsoft word
sumber: techcommunity.microsoft.com

Setelah sudah memahami manfaat menggunakan Microsoft word, adapun fungsi-fungsi Microsoft word yang perlu Anda ketahui sebagai berikut :

1. Untuk Membuat Dokumen Laporan yang Dapat Dicetak

Saat ini mulai dari anak sekolah hingga dalam pekerjaan semua membutuhkan laporan kegiatan atau pekerjaan. Dengan Anda membuat dokumen di dalam Microsoft word, maka Anda juga bisa mencetak dokumen tersebut secara langsung dengan menggunakan printer tambahan pada komputer anda. Anda bisa mengedit tulisan sebelum dokumen tersebut dicetak menjadi hardcopy.

2. Untuk Membuat Surat

Keistimewaan dari Microsoft word yang berikutnya yaitu dapat digunakan untuk membuat surat dalam segala urusan baik resmi maupun tidak resmi. Surat yang dibuat juga bisa dalam bentuk massal sehingga Anda tidak perlu untuk menuliskan surat satu persatu.

3. Untuk Membuat Variasi Tulisan

Variasi tulisan juga bisa dibuat di dalam Microsoft word agar lebih menarik. Jadi, tulisan yang dihasilkan nantinya tidak memberi kesan kaku atau begitu-begitu saja. Anda bisa memanfaatkan fitur Word Art untuk dapat membuat variasi tulisan sehingga menjadi lebih variatif dan menarik. Bahkan untuk pemula dalam bidang desain, microsoft word ini dapat digunakan untuk membuat poster.

4. Untuk Menyimpan Dokumen

Fungsi yang tidak kalah penting pada Microsoft word yaitu dapat menyimpan dokumen. Anda bisa menyimpan sebuah pekerjaan dan mengedit atau melanjutkannya di lain waktu jika diinginkan. Hal ini terbukti bermanfaat dalam menghemat biaya operasional. Terutama, untuk megurangi kesalahan yang bisa saja terjadi. Pengeditan dapat dilakukan kapanpun.

Keunggulan dan Kekurangan Microsoft Word

Adapun keunggulan dan kekurangan dari menggunakan Microsoft word akan dijelaskan pada poin-poin berikut ini :

1. Keunggulan

  • Dapat menyimpan dokumen dengan berbagai format dan dapat dibuka kapan saja
  • Dokumen yang tersimpan relatif kecil sehingga tidak banyak memakan ruang penyimpanan
  • Ada banyak template yang tersedia dan bebas digunakan
  • Terdapat variasi gaya tulisan yang menarik
  • Terdapat ftur untuk memasukkan gambar
  • Terdapat pengaturan tulisan mengenai warna, ukuran, jarak, dan lain sebagainya
  • Adanya fitur find and replace yang bisa memudahkan dalam mencari kata
  • Memiliki fitur bullet and numbering yang bisa memudahkan dalam pembuatan poin penting di dalam dokumen

2. Kekurangan

  • Ukuran dari penginstallan cukup besar yang bisa memakan ruang penyimpanan pada komputer
  • Program ini merupakan program aplikasi yang berbayar
  • Harus update program untuk mendapatkan fitur yang terbaru
  • Hanya bisa digunakan pada operasi system Windows saja
  • Terdapat perbedaan hasil jika melakukan save pada aplikasi lama, kemudian membukanya di Ms. Word baru.

Nah, begitulah ulasan lengkap mengenai pengertian microsoft word, manfaat, keunggulan dan kekurangan serta berbagai macam fungsinya. Kegunaan Microsoft word memang sangatlah banyak, terutama untuk pekerjaan perkantoran. Microsoft word membantu segala pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Spread the love

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.