Pengertian Heterogen Menurut Para Ahli dan Ciri – Cirinya

Pengertian heterogen adalah suatau keanekaragaman atau campuran zat yang berbeda. Dalam unsur kimia heterogen merupakan suatu zat yang terdiri atas berbagai unsur yg berbeda sifat, komposisi atau berlainan jenisnya. Zat yang tercampur tersebut memiliki dua bahan atau lebih fase berbeda serta tidak sempurna, sehingga zat-zat tersebut menjadi lebih mudah untuk dibedakan.

Pada dasarnya dalam campuran heterogen tidak ada perubahan fisik di dalam suatu campuran. Zat yang tercampur tidak dapat berbaur dengan sempurna, sehingga campuran heterogen dapat dipisahkan kembali dengan proses kimia. Simak lebih lengkap mengenai pengertian heterogen menurut para ahli berikut.

pengertian heterogen menurut para ahli

Contoh dari campuran heterogen adalah zat yang komposisinya tidak seimbang dan terdiri dari dua bahan atau lebih yaitu pasir yang dimasukkan ke dalam air. Adapun arti kata heterogen secara singkat adalah suatu keanekaragaman. Pengertian heterogen di dalam ilmu sosiologi merupakan keanekaragaman dari beberapa objek sosial atau masyarakat yang menjadi satu, tetapi masih tetap terlihat.

Pengertian Heterogen Menurut Para Ahli

Pengertian heterogen sangat erat hubungannya dengan kehidupan sehari-hari. Untuk lebih memahami apa itu heterogen, di bawah ini akan dijelaskan pengertian heterogen menurut para ahli.

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Terdiri atas berbagai unsur berbeda yang sifatnya berlainan jenis atau beraneka ragam.

2. Wikipedia

Zat dengan cara pembuatannya dibuat dengan menggabungkan lebih dari satu zat berbeda tanpa reaksi kimia yang terjadi.

3. Berdasarkan Ilmu Kimia

Suatu campuran zat yang terbentuk dari beberapa zat berbeda dan telah melalui proses kimia. Jadi, campuran bisa terbentuk dari beberapa zat yang memiliki perbandingan tidak pasti serta sifat dari masing-masing zat pembentuk campuran tersebut tidak berubah.

4. Berdasarkan Kimia Dasar

Campuran heterogen merupakan zat yang terbentuk dari beberapa jenis zat lainnya. Campuran tersebut ada batas zat penyusun yang masih bisa dilihat atau dikenali sifat-sifatnya, dan unsur dari zat penyusun tersebut masih ada. Singkatnya, campuran merupakan zat yang terbentuk dari beberapa jenis zat, lalu sifat-sifat dari zat pembentuknya masih ada.

5. Berdasarkan Ilmu Sosiologi

Heterogen yaitu suatu masyarakat yang menunjukkan bahwa keberadanya yang lebih dari satu, berbeda-beda , bermacam-macam dan bahkan tidak dapat disamakan.

Pengertian Campuran Heterogen

Adapun campuran heterogen yaitu suatu campuran yang terdiri atas dua bahan atau lebih dan memiliki fasa berbeda. Contohnya yaitu pasir yang dimasukkan ke dalam air. Campuran seperti ini disebut dengan campuran heterogen karena campuran tersebut terdiri dari bahan-bahan yang fasenya berbeda. Pasir dengan fasenya yaitu berupa padatan, dan air dengan fasenya yang berupa cair.

Campuran heterogen dibedakan menjadi 2 macam, berikut penjelasannya:

1. Koloid

Campuran yang letaknya diantara larutan dan suspensi dan tidak bisa disaring dengan penyaring biasa. Ukuran dari partikelnya memiliki besar antara 1 hingga 100 nm. Koloid ini sekilas seperti homogen, namun jika dilihat dengan menggunakan mikroskop ultra maka koloid akan lebih jelas bersifat heterogen.

Contohnya adalah kabut, gel, susu, dan santan.

2. Suspensi

Suspensi atau campuran kasar memiliki ukuran partikel sebesar lebih dari 10 nm dan pada umumnya terlihat keruh serta merupakan sistem multiphase.

Contohnya adalah campuran semen, pasir dan bata merah, lalu campuran minyak dan air, serta campuran terigu dan air.

Ciri Campuran Heterogen

Di bawah ini merupakan ciri-ciri campuran heterogen yang bisa membuat Anda menjadi lebih memahami arti dari heterogen. Berikut poin-poinnya:

  1. Bisa dibedakan antara partikel penyusun satu dan yang lainnya
  2. Memiliki warna berbeda dan terdapat degradasi
  3. Memiliki rasa berbeda dalam setiap lapisan
  4. Zat yang tercampur memiliki perbandingan yang berbeda
  5. Konsentrasinya berbeda
  6. Wujudnya bisa berupa cair, padat, ataupun gas
  7. Bisa dipisahkan dengan cara mekanis seperti penyaringan biasa

Demikian ulasan singkat mengenai pengertian heterogen yang bisa Anda pahami dan pelajari. Campuran hetrogen banyak ditemukan di lingkungan kita, mungkin anda perlu melakukan observasi agar dapat memahami materi ini dengan baik.

Adapun beberapa contoh lain dari campuran heterogen dalam kehidupan sehari – hari yaitu campuran antara pasir dan air, campuran antara ketan dan kacang hijau yang direbus, campuran yang ada pada bubur kacang hijau, campuran kopi, adukan semen dan coral, susu dan sereal, saus salad, serta agar-agar.

Sekian pengertian heterogen dan contohnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dijadikan sebagai bahan referensi untuk Anda.

Spread the love

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.