Pengertian dan Macam-Macam Hak Asasi Manusia

Pengertian hak asasi manusia secara umum merupakan hak – hak yang sudah dipunyai oleh setiap manusia sejak masih berada di dalam kandungan. Undang-undang hak asasi manusia yang tertuang dalam UUD 1945 ini misalnya pada pasal 27 ayat 1, pasal 28, pasal 29 ayat 2, pasal 30 ayat 1, dan pasal 31 ayat 1. Jadi, dapat di pastikan bahwa HAM dimiliki oleh semua orang. Ingin tahu penjelasan lebih jelasnya? Kami akan mengupas tuntas pengertian hak asasi manusia pada artikel ini.

Hak asasi manusia (HAM) adalah hak-hak yang sudah melekat di setiap manusia sebagai suatu anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa dan berlaku secara universal serta diakui oleh semua orang. Hak tersebut hadir sebagai kepunyaan atau kekuasaan atas sesuatu hal. Sedangkan Asasi berarti sesuatu hal yang utama dan juga mendasar. Jadi, hak asasi manusia berlandaskan suatu hal yang mendasar dan utama yang dimiliki oleh setiap manusia. Dan di Indonesia ada Lembaga Pembela Hak Asasi Manusia (LPHAM) yang akan membantu jika ada pelanggaran pada hak seseorang.

pengertian hak asasi manusia menurut para ahli

Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Para Ahli

Adapun pengertian hak asasi manusia menurut para ahli. Berikut ini adalah pengertian hak asasi manusia berdasarkan pendapat dari para ahli :

1. Miriam Budiarjo

HAM Merupakan hak yang dimiliki oleh setiap orang sejak mereka lahir ke dunia, hak tersebut bersifat universal karena dimiliki tanpa adanya perbedaan atas kelamin, ras, budaya, suku, dan juga agama.

2. Mahfudz M. D

Hak asasi manusia ialah hak yang sudah melekat oleh setiap manusia dan sudah dibawa sejak lahir ke dunia dan hakikatnya hak tersebut sifatnya kodrati.

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Hak asasi manusia merupakan hak yang dilindungi secara internasional seperti hak untuk hidup, hak kemerdekaan, hak untuk memiliki, dan hak untuk mengeluarkan pendapat.

4. UU No. 39 Tahun 1999

HAM adalah seperangkat hak yang sudah melekat pada hakikat keberadaan dari manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Hak tersebut merupakan anugerah yang diberikan dan wajib untuk dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh Negara, hukum, pemerintah, serta setiap orang. Semi suatu kehormatan dan perlindungan terhadap harkat serta martabat dari manusia itu sendiri.

5. C. de Rover

HAM merupakan sebuah hak hukum yang sama kepada setiap manusia baik mereka yang kaya maupun miskin, berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan. Walaupun hak-hak yang telah mereka langgar, akan tetapi hak asasi manusia mereka sendiri tetap tidak dapat dihilangkan. Hak asasi merupakan hukm yang mesti dilindungi dari aturan nasional agar semua dapat terpenuhi sehingga hak asasi manusia tersebut dapat ditegakkan, dijunjung tinggi serta dilindungi.

6. John Locke

Hak asasi manusia merupakan hak-hak yang langsung diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada setiap manusia sebagai hak yang sudah dikodrati. Oleh sebab itu, tidak ada kekuatan apapun di dunia ini yang dapat mencabutnya. Hak asasi manusia ini bersifat fundamental bagi kehidupan manusia dan secara hakikat, HAM ini sangat suci.

7. Persatuan Bangsa Bangsa

Pengertian hak asasi manusia menurut PBB ialah hak asasi yang sudah melekat dengan kemanusiaan kita sendiri dan ketika tanpa hak tersebut kita mustahil hidup sebagai manusia.

8. Oemar Seno Adji

Hak asasi manusia merupakan hak yang melekat pada setiap manusia sebagai insan yang berasal dari ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki sifat yang tidak boleh dilanggar oleh siapapun.

9. A. J. M. Milne

Hak asasi manusia adalah suatu hak yang sudah dimiliki oleh semua manusia di dunia, disegala masa, dan di segala tempat karena keutamaan dari keberadaannya yaitu sebagai manusia.

10. G. J. Wolhos

Hak asasi manusia berarti sejumlah hak yang sudah mengakar dan melekat pada diri manusia di dunia serta hak-hak tersebut tidak boleh dihilangkan karena jika menghilangkan hak asasi manusia orang lain sama saja dengan menghilangkan derajat kemanusiaan.

Macam-Macam Hak Asasi Manusia

Secara garis besar, hak asasi manusia digolongkan menjadi 6 macam. Berikut adalah ulasan mengenai ke-6 macam-macam hak asasi manusia tersebut :

1. Hak Asasi Pribadi

Hak asasi pribadi atau personal right ini merupakan hak yang masih memiliki hubungan dengan kehidupan pribadi dari setiap manusia. Hak ini biasanya untuk mendapatkan makanan, minuman, pakaian, pekerjaan, tempat tinggal, dan lain-lain.

2. Hak Asasi Politik

Hak asasi politik atau political rights ini merupakan hak yang masih ada hubungannya dengan kehidupan politik. Hak ini biasanya untuk kebebasan dalam pemilihan gubernur, bupati, camat, dan presiden.

3. Hak Asasi Hukum

Hak asasi hukum atau biasa disebut dengan legal equality rights merupakan hak yang berhubungan dengan kehidupan hukum dan juga pemerintahan.

4. Hak Asasi Ekonomi

Hak asasi ekonomi atau property rights sesuai namanya merupakan hak yang berhubungan dengan segala sesuatu dalam kegiatan perekonomian. Hak ini biasanya untuk kebebasan dalam memilih serta memiliki suatu barang seperti motor, mobil, laptop, dan lain-lain.

5. Hak Asasi Sosial Budaya

Social culture rights ini merupakan hak yang berhubungan dengan kehidupan bermasyarakat. Bebas dalam kepemilihan sosial budaya yang di anut.

6. Hak Asasi Agama

Hak ini biasanya digunakan untuk kebebasan dalam memeluk agama kepercayaan yang dianut, seperti agama Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan lain-lain.

7. Hak Asasi Peradilan

Hak asasi peradilan atau procedural rights merupakan hak untuk diperlakukan sama terhadap tata cara dari pengadilan.

Ciri-Ciri Hak Asasi Manusia

Terdapat 4 ciri-ciri hak asasi manusia secara khusus jika dibandingkan dengan hak-hak yang lainnya. Di bawah ini merupakan ciri khusus dari Hak Asasi Manusia:

1. Hak Asasi Manusia Tidak Bisa Dicabut

Hak asasi manusia tentu tidak dapat dicabut, dihilangkan, maupun diserahkan. Hal ini karena hak asasi manusia sendiri selalu melekat pada setiap individu.

2. Hak Asasi Manusia Tidak Bisa Dibagi

HAM tidak dapat dibagi atau diberikan kepada seseorang. Hal ini karena hak asasi manusia sendiri merupakan hak dari semua orang, baik itu hak politik, hak sipil, hak ekonomi, maupun hak sosial budaya.

3. Hak Asasi Manusia Bersifat Universal

Perlu diketahui bahwa hak asasi manusia sendiri berlaku bagi semua orang tanpa memandang status baik dari suku, agama, ras, jenis kelamin, maupun perbedaan yang lainnya. Persamaan tersebut merupakan salah satu dari berbagai ide yang mendasar atas hak asasi manusia.

4. Hak Asasi Manusia Bersifat Hakiki

Hak asasi manusia memiliki sifat hakiki atau hak yang sudah ada sejak manusia tersebut lahir ke dunia.

Demikian pengertian hak asasi manusia yang bisa Anda pahami dan pelajari. Walaupun masih ada banyak pelanggaran yang berkaitan dengan hak asasi manusia, kita sebagai warga negara yang baik harus menjunjung tinggi hak asasi manusia atau memanusiakan manusia. Semoga bermanfaat!

Spread the love

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.