Pengertian, Fungsi dan Manfaat Dasar Negara

Pengertian Dasar negara adalah fundemen yang kokoh dan kuat serta bersumber dari pandangan hidup atau falsafah yang diterima oleh seluruh lapisan masyarakat. Dasar negara ini menjadi pedoman dalam mengontrol suatu kehidupan bernegara yang meliputi berbagai sektor kehidupan. Dasar negara dari negara Indonesia adalah Pancasila. Pancasila ini memiliki lima dasar yang menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia. Perhatikan lebih lengkap mengenai pengertian dasar negara.

Pancasila hadir sebagai dasar negara yang menjadi ideologi negara indonesia yang berguna sebagai pandangan dan juga metode dari seluruh bangsa Indonesia dalam mencapai cita-cita bangsa yang mana cita-cita tersebut menjadikan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur. Pengertian dasar negara ini adalah pegangan dari suatu negara yang menjadi sumber dari semua sumber hukum serta tata tertib hukum yang tengah berlaku di dalam negara tersebut.

pengertian dasar negara

Pengertian Dasar Negara Menurut Para Ahli

Pengertian dasar negara untuk negara Indonesia berarti Pancasila. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia ini dicetuskan oleh Ir. Soekarno yang berarti lima dasar dan dilambangkan dengan burung garuda. Pada sayap, ekor, leher dan ada lima dasar dari Pancasila. Lalu apa saja pengertian dasar negara menurut para ahli lainnya di dunia? Berikut adalah penjelasannya

1. Menurut J. J. Rousseau

J.J. Rousseau berpendapat bahwa dasar negara adalah suatu alat yang memiliki fungsi dalam menjaga kemerdekaan setiap individu dan menjaga ketertiban hidup rakyat negaranya.

2. Menurut George Jellinek

Definisi dasar negara menurut George Jellinek yaitu sebuah organisasi dengan kekuasaan dari sekelompok orang yang bertempat tinggal di suatu wilayah tertentu.

3. Menurut Karl Marx

Definisi dasar negara menurut Karl Marx adalah suatu peringkat yang memiliki kekuasaan di dalam menjalankan eksploitasi atau juga penindasan kepada kelas yang lainnya.

4. Menurut Aristoteles

Aristoteles menyatakan pendapatnya mengenai dasar negara yaitu negara merupakan perpaduan antara keluarga hingga pada beberapa desa yang nantinya dapat berdiri mandiri dengan tujuan yang sama. Tujuan tersebut yaitu kesenangan dan kehormatan dari mereka sendiri.

5. Pengertian Dasar Negara Menurut Logemann

Menurut Logemann yaitu negara menjadi suatu organisasi kekuasaan yang menyatukan beberapa kelompok manusia yang kemudian disebut dengan negara.

6. Pengertian Dasar Negara Menurut Frans Magnis Suseno

Definisi dasar negara menurut Frans Magnis Suseno yaitu negara menjadi suatu kesatuan dari masyarakat politik yang berfungsi untuk membuat, menerapkan, dan juga menjamin dari berlakunya norma dan juga kelakuan untuk seluruh warga negara atau masyarakat.

7. Pengertian Dasar Negara Menurut Roger F. Soltau

Roger F. Soltau berpendapat bahwa dasar negara ialah negara menjadi suatu alat yang bisa digunakan untuk mengendalikan segala persoalan dengan mengatasnamakan mereka yang menjadi rakyatnya.

8. Pengertian Dasar Negara Menurut Tracy

Tracy menyatakan bahwa dasar negara menjadi sebuah program yang ditujukan untuk dapat memberikan sebuah perubahan dalam tatanan kehidupan bermasyarakat pada sebuah negara.

9. Pengertian Dasar Negara menurut Islam

Teori tentang Dasar Negara atau Khilafah menurut Amien Rais, dipahami sebagai suatu misi kaum muslimin yang harus ditegakan di muka bumi ini untuk memakmurkan sesuai dengan petunjuk dan peraturan Allah SWT, maupun Rasul-Nya. Adapun cara pelaksanaannya al-Qur’an tidak menunjukkan secara terperinci, tetapi dalam bentuk global saja. Sedangkan untuk teori Imamah, Amien lebih lanjut mengatakan bahwa kata imamah (dalam pengertian negara/state) dalam al-Qur’an tidak tertulis. Imam Mawardi mengatakan: “Imamah adalah suatu kedudukan yang diadakan untuk mengganti peranan kenabian dalam urusan memelihara agama (Islam) dan mengendalikan dunia. Dan inilah pengertian negara yang paling benar.

Manfaat Dasar Negara

Tidak mungkin negara mengadakan suatu hal yang dalam hal ini sangat penting yaitu hadirnya sebuah dasar negara yang menjadi pedoman hidup bagi suatu bangsa dalam mencapai cita-cita dari bangsa itu sendiri. Dengan hadirnya dasar negara, maka terdapat manfaat dasar negara yang dapat diterima oleh suatu negara. Berikut adalah beberapa manfaat dari hadirnya dasar negara:

1. Dasar Negara Sebagai Pedoman Hidup Bernegara

Pedoman hidup ini berlaku bagi seluruh masyarakat yang tinggal di suatu negara yang ditinggali. Hal ini dikarenakan dengan mengacu kepada dasar negara maka nantinya akan dapat hidup dengan baik dan juga bisa mengerti mengenai suatu norma yang berlaku di dalam negara yang ditinggali tersebut.

2. Dasar Negara Dapat Menjadi Acuan Dan Tujuan Dalam Menjalankan Suatu Negara

Manfaat yang satu ini jelas mengacu kepada terwujudnya suatu tujuan yang akan dicapai oleh suatu negara. Karena setiap negara pasti memiliki tujuannya masing-masing dapat memajukan setiap negara.

3. Dasar Negara Menjadi Kepribadian Dan Jiwa Bangsa

Dengan hadirnya dasar negara di suatu negara maka dapat dijadikan sebagai sebuah kepribadian dan juga jiwa dari suatu bangsa dalam negara tersebut. Hal ini penting untuk tetap membantu dalam membuat pribadi lebih baik.

4. Dasar Negara Memberikan Tujuan Dan Arah Supaya Cita-Cita Bangsa Dapat Terwujud

Manfaat dari dasar negara yang satu ini dapat memberikan tujuan dan juga arah agar cira-cita dari suatu bangsa dapat terwujud dengan baik. Serta selalu berusaha maksimal menjadi salah satu aslat yang dapat digunakan untuk menyatukan bangsa itu sendiri.

Fungsi Dasar Negara

Adapun fungsi dari dasar negara yang bisa Anda simak dan perhatikan dalam beberapa kami paparkan pada poin di bawah ini. Berikut ada beberapa fungsi dasar negara:

1. Dasar Negara Sebagai Dasar Berdiri dan Tegaknya Suatu Negara

Adapun gagasan yang mendalam mengenai sebuah dasar negara ini pada dasarnya muncul ketika negara akan didirikan. Untuk memenuhi sebuah persyaratan atas berdirinya sebuah negara, maka suatu negara yang akan berdiri tersebut dan berdaulat harus memenuhi syarat unsur konstitutif dan juga unsur deklaratif.

2. Dasar Negara Sebagai Dasar Kegiatan Penyelenggaraan Negara

Tentu negara berdiri ditujukan untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan dari bangsa di bawa kepemimpinan kepala negara atau kepala pemerintahan. Agar suatu pemerintahan bisa benar-benar bisa mewujudkan tujuan dari bangsa yang telah disepakati maka harus mendasarkan kepada seluruh kegiatan dari pemerintahan pada dasar negara.

3. Dasar Negara Sebagai Dasar Partisipasi Warga Negara

Semua warga negara tentu memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam mempertahankan suatu negara dan partisipasinya dalam upaya bersama untuk mencapai suatu tujuan bangsa. Lalu dalam menggunakan hak dan kewajibannya tersebut, seluruh warga negara harus berpedoman pada dasar negara yang berlaku pada suatu negara tersebut.

4. Dasar Negara Sebagai Dasar Pergaulan Antara Warga Negara

Selain dijadikan sebagai dasar perhubungan antara warga negara dengan negara, dengan adanya dasar negara ini juga bisa menjadi dasar hubungan antar warga negara.

5. Dasar Negara Sebagai Dasar Sumber Hukum Nasional

Pada dasarnya seluruh kegiatan pengendalian suatu negara dan juga warga negaranya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara ini harus didasarkan juga pada hukum yang berlaku di masyarakat. Dengan adanya hukum tersebut maka semua peraturan perundang-undangan yang dibentuk untuk pengaturan suatu negara harus didasarkan kepada dasar negara. Hukum yang berlaku harus sesuai dengan apa yang dikehendaki Allah dengan merujuk Al-Quran dan Hadits

Baca juga: Tugas Presiden

Itulah penjelasan mengenai apa saja yang menjadi manfaat, fungsi, dan juga pengertian dasar negara. Pentingnya dasar negara yang menjadi prinsip dan pondasi besar dari setiap negara untuk mengembangkan negaranya. Jika suatu negara tidak memiliki dasar negara, maka negara tersebut akan kehilangan arah dan tujuan sehingga bisa menimbulkan kekacauan dengan mudahnya. Semua dasar negara jika tidak sesuai dengan syari’at Islam maka tidak boleh dita’ati karena Islam sudah mengatur kehidupan manusia termasuk dalam peraturan negara. Semoga artikel ini bermanfaat.

Spread the love

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.