Pengertian Berita, Syarat Dan Jenis – Jenisnya

Pengertian berita yaitu suatu laporan dari peristiwa yang berisi fakta atau opini yang aktual, menarik, serta penting. Jadi, berita tersebut berisi suatu laporan yang cepat mengenai peristiwa-peristiwa terbaru dan penting untuk disampaikan kepada masyarakat luas. Sajian dari berita bisa dalam bentuk surat kabar, radio, televisi, atau media online dan dengan memperhatikan struktur berita yang jelas.

Berdasarkan pengertian berita secara umum yang sudah dijelaskan sebelumnya, berita tersebut haruslah sebuah fakta atau opini yang sebenarnya dan tidak untuk dipalsukan karena akan memberikan berita yang hoax. Tujuan berita haruslah jelas untuk bisa menggapai masyarakat dengan mudah dan mereka bisa mempercayai berita yang telah disebarkan tersebut.

pengertian berita

Pengertian Berita Menurut Para Ahli

Pada dasarnya terdapat banyak definisi mengenai berita itu sendiri berdasarkan pendapat dari para ahli. Walaupun ada banyak pendapat yang berbeda, namun pada intinya memiliki makna yang sama. Lalu apa saja pengertian berita menurut para ahli? Berikut lebih lengkapnya:

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pengertian berita menurut KBBI ini diartikan sebagai sebuah cerita atau keterangan yang memuat segala informasi mengenai berbagai kejadian atau peristiwa yang sedang hangat terjadi.

2. William S. Maulsby

William S. Maulsby berpendapat bahwa berita yaitu sesuatu penuturan yang benar dan tidak memihak dari fakta yang memiliki arti penting dan baru terjadi serta menarik perhatian dari pembaca surat kabar yang memuat hal tersebut.

3. Romli (2005: 3)

Romli menyatakan bahwa berita yaitu sajian utama dari sebuah media massa disamping sebuah opini. Mencari bahan dari berita lalu menyusunnya yang merupakan tugas pokok dari wartawan dan bagian redaksi dari sebuah penerbitan pers.

4. Robert Tyell

Menurut Robert Tyell, berita yaitu suatu informasi yang baru, menarik, dan dapat mempengaruhi orang banyak serta mampu untuk membangkitkan selera dari masyarakat untuk mengikutinya.

5. J. B Wahyudi

Berita adalah sebuah uraian mengenai fakta dan pendapat yang mengandung nilai berita dan yang sudah disajikan melalui media massa secara periodik.

6. Djuraid

Sebuah laporan atau pemberitahuan mengenai peristiwa atau kejadian yang terjadi secara umum dan baru saja terjadi serta disampaikan oleh seorang wartawan di media massa.

7. Wikipedia

Definisi berita menurut Wikipedia merupakan sebuah informasi baru maupun informasi tentang sesuatu yang hal yang sedang terjadi. Informasi tersebut disajikan melalui bentuk centak, siaran, internet, atau juga dari mulut ke mulut kepada orang ketiga serta kepada orang banyak.

8. Sumadiria

Sumadiria berpendapat bahwa berita merupakan suatu laporan tercepat tentang ide atau fakta yang baru dan juga benar serta menarik dan penting bagi sebagian besar orang melalui media berkala seperti surat kabar, radio, tv, atau melalui media internet.

pengertian berita terbaru

Syarat Berita yang Baik

Dalam membuat berita, harus memenuhi syarat berita yang sudah dirangkum ke dalam beberapa poin berikut ini :

1. Berita Berisi Fakta

Isi dari berita tersebut haruslah berupa fakta dari kejadian atau peristiwa yang sebenarnya ataupun opini dan sumber dari opini tersebut harus jelas asalnya.

2. Berita Terkini

Berita yang disiarkan atau disajikan harus yang terkini. Karena, dalam penyebaran informasi harus menjadi lebih cepat bukan lambat. Jadi, tidak heran jika dalam acara televisi misalnya tiba-tiba terdapat berita terkini. Sudah seharusnya, berita dengan cepat di sajikan kepada masyarakat.

3. Berita Harus Seimbang

Berita harus ditulis dan disampaikan dengan seimbang atau tidak memihak kepada salah satu pihak. Terutama, tidak boleh berkaitan dengan politik sebelum masannya. Karena, jika melanggar akan di kenakan sanksi.

4. Berita Harus Menarik dan Sistematis

Sisi lain dari berita yaitu menarik serta sistematis dan dapat di minati oleh masyarakat. Selain itu, berita juga harus disusun secara terstruktur dengan memperhatikan urutan yang jelas sehingga pembaca tidak merasa bingung ketika menangkap isi berita.

Unsur-Unsur Berita

Di dalam membuat berita, harus memperhatikan unsur-unsur berita yang akan dapat mempermudah pembaca dalam memahami isi dari berita yaitu 5W + 1H. Berikut adalah unsur-unsur berita yang harus ada:

1. What (Apa)

Berita yang disajikan harus memuat informasi mengenai apa yang sedang terjadi (What Happening).

2. Who (Siapa)

Unsur berita yang selanjutnya adalah Who atau Siapa saja yang terlibat di dalam kejadian atau peristiwa yang sedang diberitakan.

3. Why (Mengapa)

Selanjutnya berita harus memuat unsur Why atau alasan dan latar belakang mengapa peristiwa tersebut diberitakan.

4. When (Kapan)

Unsur berita When ini dimaksudkan bahwa suatu berita haruslah memuat informasi mengenai kapan kejadian atau peristiwa yang diberitakan tersebut terjadi.

5. Where (Dimana)

Unsur berita Where ini dimaksudkan bahwa suatu berita harus memuat informasi mengenai dimana lokasi kejadian atau perisitwa yang diberitakan terjadi.

6. How (Bagaimana)

Unsur berita terakhir yang harus ada yaitu memuat informasi mengenai bagaimana kejadian yang diberitakan bisa terjadi.
Jenis-Jenis Berita

Jenis Penyajian Berita Jurnalistik

1. Berita Langsung

Berita langsung atau Hard News ini adalah berita yang memiliki nilai lebih, berkualitas serta terkini. Hal ini sangat penting untuk segera disampaikan kepada masyarakat. Berita ini biasanya bersifat khusus atau juga dapat mengenai kejadian yang terjadi secara tiba-tiba.

2. Berita Ringan

Berita ringan atau Soft News ini adalah berita pendukung. Berita ini berisi berita yang ringan dan nilai dari beritanya ada di bawah Hard News.

3. Berita Kisah

Berita ini berisi tentang berita yang mengisahkan suatu kejadian atau peristiwa yang terjadi.

4. Laporan Mendalam

Berita ini biasa disebut dengan Depth News yang beritanya dikembangkan secara mendalam dan juga tujuannya untuk dapat lebih mengangkat kepada suatu permasalahan secara mendalam.

5. Berita Investigasi

Investigation News ini berisi berita yang dikembangkan berdasarkan atas penelitian atau penyelidikan yang telah dilakukan oleh berbagai macam sumber.

6. Berita Interpretatif

Berita yang satu ini adalah berita yang dikembangkan dengan pendapat atau penelitian yang dilakukan oleh penulis dari berita tersebut.

7. Berita Opini

Berita ini berisi berita tentang pendapat dari seseorang yang menjadi pendapat masyarakat luas atau pendapat dari par ahli tentang suatu kejadian ataupun peristiwa.

Begitulah ulasan lengkap mengenai pengertian berita, syarat, unsur serta jenisnya. Setiap hari manusia selalu disuguhkan dengan berita yang berkaitan dengan dirinya sendiri atau yang tidak berkaitan. Ada banyak media yang digunakan dalam penyebaran berita, baik dari media cetak seperti koran dan majalah hingga media digila seperti website berita atau semua yang digunakan untuk menyebarkan berita tersebut. Semoga bermanfaat !

Spread the love

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.