Ini Dia Tips dan Manfaat Kuliah Sambil Kerja agar Tetap Sukses

Kuliah sambil kerja tentu tak semua orang sanggup melakukannya, mengingat tak hanya mengorbankan waktu saja, namun juga tenaga dan fikiran.

Nah, bagi Anda yang sedang melaksanakan hal demikian, jangan khawatir, sebab semua pasti ada kemudahan dan manfaatnya. Tak hanya uang yang akan didapatkan, namun juga pengalaman yang banyak.

Ketika semakin banyak pengalaman yang didapatkan maka skill kita akan bertambah dan akan memberikan kebaikan di masa depan.

Selain hal demikian, kuliah sambil kerja tentu akan menjadi kupasan dan prestasi tersendiri. Bagaimana tidak, Anda kuliah dari hasil kerja keras sendiri. Ini artinya, pembelajaran yang akan dilakukan lebih serius dan memperhatikan, karena tentu Anda tak ingin menyia-nyiakan waktu, uang dan tenaga bukan?

Nah, agar Anda bisa melaksanakan kuliah dan bekerja sekaligus dengan baik, maka simak uraian berikut ini tentang tips, manfaat dan motivasi kuliah sambil kerja!

kuliah dan bekerja

Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Tugas Tak Keteteran

Apakah Anda seorang mahasiswa yang kuliah sambil kerja dengan penghasilan yang besar? Tentu Anda harus pandai mengatur waktu sebagai mungkin. Hal ini tujuannya agar tak hanya pekerjaan saja yang lancar, namun tugas kuliah juga tetap terlaksana.

Nah, bagi Anda yang tak ingin mendapatkan nilai jeblok di perkuliahan karena bekerja sampingan, maka simak tips berikut ini:

1. Mengatur Planning Harian Dengan Tepat, dan Konsistensinya Harus Dijaga!

Dengan melaksanakan kuliah sambil kerja, tentu waktu luangmu seharian akan berkurang. Sehingga dengan keterbatasan inilah, Anda harus bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Nah, caranya adalah dengan mencatat apa saja yang akan Anda lakukan di sepanjang hari esok.

Jadi, cukup luangkan waktu sekitar 10 menit untuk menyusun planning apa saja yang akan Anda lakukan. Hal ini tentunya bisa meminimalisir terjadinya pemborosan waktu pada hari esok karena kita tinggal melaksanakan apa yang kita planning.

Dan pastikan jadwal harian ini harus selalu konsisten dilakukan, agar setiap harinya Anda tak keteteran.

2. Kerjakan Tugas di Tempat Khusus agar Tetap Fokus

Karena Anda memiliki waktu yang terbatas, maka kerjakanlah tugas kuliah pada tempat khusus yang terbebas dari gangguan. Yakni, masuk ke ruang kondusif tanpa seseorang, matikan gadget, dan semua alat yang mengganggu konsentrasi

Kebanyakan orang selalu meremehkan hal-hal kecil yang sebenarnya dapat mengganggu mereka dalam mengerjakan tugas. Atau bahkan mereka tidak menyadari sesungguhnya hal-hal kecil seperti dering ponsel dapat menghalangi mereka untuk menjalankan rencana dan menggapai tujuannya.

Jadi dengan mengesampingkan ha-hal yang mengganggu sementara dapat menambah konsentrasi Anda. Alhasil tugas yang sedang dikerjakan lebih cepat terselesaikan.

3. Minta Bantuan Teman Jika Tak Paham Materi atau Tugas

Mahasiswa yang menjalankan kuliah sambil kerja, pasti konsenstrasinya terbagi antara perkuliahan dan pekerjaan. Nah, bagi Anda yang masih belum paham dengan pelajaran yang didapatkan, jangan sungkan untuk meminta pertolongan teman.

Studi yang dilakukan oleh Psikolog Catherine Crompton dari University of Edinburgh menunjukkan bahwa orang umumnya menyelesaikan tugas lebih baik bila bekerja secara kooperatif dibandingkan seorang diri.

Dengan meminta bantuan teman dalam belajar Anda dapat 2 keuntungan, yaitu dapat lebih dekat dengan teman kuliah dan yang pasti pelajaran yang anda belum paham dapat dipelajari bersama.

4. Ketika Lelah, Maka Istirahatlah

Satu tips kuliah sambil kerja yang wajib Anda lakukan, yakni istirahatlah ketika Anda lelah. Yaps, dengan banyaknya tugas yang menumpuk dan pekerjaan yang berat, tentu tubuh Anda akan merasakan kelelahan. Jika sudah demikian, jangan paksakan untuk mengerjakan tugas atau kembali bekerja, namun istirahatlah.

Kenapa istirahat yang cukup sangat penting? karena istirahat yang cukup dan berkualitas menjadikan Anda tetap aktif ketika beraktifitas. Kurang tidur hanya satu atau dua jam per malam saja akan membuat tubuh Anda terasa lelah dan lunglai. Jika Anda kekurangan istirahat akan cenderung menjadi kurang produktif di kuliah atau tempat kerja.

Selain hal demikian, istirahat tak hanya cukup berbaring saja, sesekali Anda juga harus memiliki waktu luang untuk meletakan gadget. Sebab meski Anda berbaring, namun bermain gadget, itu tetap tak akan merilekskan tubuh Anda. Jadi, sesekali jauhkanlah gadget dari jangkauan.

5. Gunakan Weekend Untuk Refreshing

Kerja dan kuliah merupakan hal yang penting. Namun itu bukan berarti yang ada di pikiran Anda hanyalah bekerja dan belajar saja. Namun Anda juga butuh hiburan atau refreshing yang menyenangkan agar pikiran kembali fresh.

Dr Russell Poldrack seorang direktur Imaging Research Center dari University of Texas di Austin mengatakan berlibur akan memberikan pengalaman baru. Kondisi ini dapat membuat otak merespons dengan melepaskan dopamin ke dalam hippocampus (bagian otak yang menciptakan memori atau kenangan). Hal ini akan meningkatkan memori otak Anda dalam mengingat sesuatu

Jadi, gunakanlah weekend untuk pergi refreshing atau untuk kegiatan yang menyenangkan. Misalnya liburan bersama teman, keluarga, atau kekasih.

Manfaat Kuliah Sambil Bekerja

Lelah dan letih pasti dirasakan oleh mahasiswa yang melaksanakan kuliah sambil kerja. Namun jangan khawatir pasti ada kebaikan di baliknya. Agar Anda lebih giat dalam belajar dan bekerja, ini dia manfaat kuliah sambil kerja:

1. Menjadi Disiplin Terhadap Waktu

Anda harus tahu, tak banyak orang yang kuliah sambil bekerja, sebab hanya orang yang disiplin saja yang bisa sukses melakukannya.

Orang yang dapat melakukan dua pekerjaan besar silih berganti pasti memiliki kedidiplinan tinggi, karena jika tidak disiplin maka salah satu pekerjaan itu akan berantakan. Jadi kuliah sambil kerja menuntut Anda untuk disiplin terhadap waktu.

Seperti kata pepatah kata-kata “Time is Money” akan melekat pada diri Anda.

2. Melatih Fokus

Konsentrasi ke dalam dua hal tentu bukan hal yang mudah, karena butuh konsentrasi yang tinggi. Dengan demikian, tentu ini akan melatih kefokusan Anda baik ketika belajar ataupun bekerja. Sebab jika belajar tak fokus maka imbasnya adalah nilai jeblok, dan jika tak fokus kerja maka imbasnya adalah dipecat.

3. Menambah Serta Memperluas Relasi

Memiliki dua lingkungan yang berbeda yakni bekerja dan kuliah, tentu teman yang Anda miliki semakin banyak. Hal ini tentu keuntungannya adalah semakin banyak teman maka akan semakin banyak relasi yang Anda dapatkan. Lebih dari itu bukan hal yang tak mungkin jika satu diantara relasi itu akan membantu di masa depan.

4. Mandiri untuk Mengelola Keuangan

Manfaat kuliah sambil kerja selanjutnya adalah Anda dapat membiayai hidup dan kuliah sendiri sehingga dapat mengurangi beban orang tua. Yaps, setelah bekerja keras menyekolahkan Anda selama 12 tahun, tentu saatnya Anda meringankan bebannya dengan berkuliah sendiri. Selain itu, hal tersebut juga berguna di masa depan agar memiliki kemandirian.

5. Menambah Pengalaman

Inilah nilai plus orang yang yang sudah berpengalaman kerja ketika kuliah, dia sudah memiliki pengalaman kerja. Karena dalam dunia kerja pengalaman kerja sangat menentukan diterimanya seseorang dalam perusahaan.

Dengan melakukan 2 hal sekaligus yaitu kuliah sambil kerja, maka anda mendapatkan edukasi lebih dari orang lain. Sehingga pastilah cara Anda memandang sesuatu memiliki sudut pandang yang berbeda, yang tentu saja lebih baik dari orang lain.

Inilah nilai plus orang yang yang sudah berpengalaman kerja ketika kuliah, dia sudah memiliki pengalaman kerja. Karena dalam dunia kerja pengalaman kerja sangat menentukan diterimanya seseorang dalam perusahaan.

Semakin banyak pengalaman, maka akan semakin baik untuk kehidupan Anda. Sebab jika semakin banyak pengalaman yang didapatkan, maka jika telah lulus kuliah nanti, akan lebih mudah mencari pekerjaan. Ini artinya, pekerjaan dan kuliah Anda akan berhasil.

Baca juga : Pengertian Passing Grade

Motivasi Kuliah Sambil Kerja Ini, Akan Membuat Anda Semakin Bersyukur

motivasi kuliah sambil bekerja


Dengan melaksanakan kuliah dan bekerja sekaligus, tentu akan banyak yang dikorbankan. Namun jangan khawatir, berikut kami berikan motivasi untuk tetap semangat melanjutkannya:

1. Anda Akan Siap Kerja Ketika Lulus Kuliah

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa semakin banyak bekerja ketika kuliah, maka akan semakin banyak pengalaman dan relasi yang Anda dapatkan. Ini memberikan nilai plus kepada Anda yang akan mudah mendapatkan pekerjaan ketika lulus kuliah.

Mengapa demikian? Ketika perusahaan mencari karyawan baru, tentu akan melihat sudahkah seseorang berpengalaman dalam pekerjaannya, sehingga jika semakin banyak pekerjaan yang dilakukan dan memiliki predikat bagus, maka akan dijadikan pertimbangan.

2. Mendapatkan Tabungan di Hari Tua

Ketika Anda mengambil pilihan kuliah sambil kerja tentu Anda memiliki gaji setiap bulan. Nah, selain untuk biaya hidup atau membayar kuliah, sisipkanlah sedikit untuk menabung di masa depan. Tabungan ini bisa digunakan untuk keperluan di masa depan seperti menikah, atau jaminan di hari tua.

3. Menjadi Anak Kebanggaan Orang Tua

Bagaimana orang tua tak bangga terhadap anaknya jika bisa menyelesaikan kuliah dengan baik dari hasil kerja kerasnya sendiri.

Terlebih lagi tentu Anda akan menjadi anak kesayangan, bahkan seseorang yang melaksanakan kuliah sambil kerja akan lebih menghormati orang tua. Sebab mereka tahu bagaimana rasanya hidup mandiri dan mencari penghasilan sendiri.

Bagaimana? Masih berfikir bahwa kuliah sambil kerja merupakan penderitaan? Tentu itu merupakan prestasi dan kebanggaan tersendiri, yang setiap orang tak bisa melakukannya. Percayalah, bahwa yang Anda lakukan sekarang ini pasti akan memberikan keberhasilan yang indah di masa depan.

Spread the love

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.