Hewan Pemakan Daging (Penjelasan, Ciri, dan Contohnya)

Hewan pemakan daging disebut sebagai Karnivora. Golongan hewan ini memiliki kemampuan khusus untuk menjatuhkan lawannya. Bahkan, kemampuannya dalam berburu tidak perlu di ragukan lagi. Terutama, kemampuan untuk berlari sangat kencang dalam menerkam mangsanya. Mereka hidup dengan mengandalkan daging hasil perburuan tersebut. Karena, nutrisi yang di dapatkan juga cukup sesuai. Apa saja hewan pemakan daging? Lebih jelasnya akan kami bahas pada artikel ini.

Banyak yang hanya mengenal bahwa hewan pemangsa daging bertubuh besar. Ternyata, ada beberapa hewan juga yang bertubuh kecil dan pemakan daging. Memang, sebagai pemakan daging hewan ini sangat dikenal buas oleh manusia. Terutama, cukup di waspadai akan keberadaannya. Di sisi lain, kebutuhan nutrisi hewan bergantung pada daging yang di mangsa. Untuk insting berburunya dilakukan secara sendiri. Baca terus artikel mengenai hewan pemakan daging yang akan kami ulas secara lengkap.

Ciri Ciri Hewan Pemakan Daging

Berikut ini kami berikan beberapa ciri-ciri hewan pemakan daging meliputi:

  • Memiliki ketajaman yang jauh lebih tinggi
  • Kemampuan berlari lebih cepat
  • Taring yang sangat tajam untuk memangsa
  • Memiliki tulang belakang
  • Pendengaran cukup peka terutama dalam pergerakan
  • Kemampuan melumpuhkan mangsa sangat cepat
  • Lebih banyak hidup di daratan, meskipun beberapa ada di perairan

Habitat Hewan Pemakan Daging

Perlu anda ketahui, bahwa hewan yang memakang daging lebih banyak hidup di daratan di bandingkan perairan. Karena, memang lebih banyak di daratan mengenai target yang akan di mangsa. Terutama, di daerah hutan yang masih cukup alami. Karena, hewan buas tentu sangat pandai dalam bersembunyi.

Bersembunyi untuk bertahan hidup dan memangsa. Jadi, tidak heran jika di dalam hutan luas masih terdapat hewan buas. Target memangsa yang di ambil sendiri bukan main-main lagi. Melainkan, yang memiliki daging segar dan bernutrisi tinggi. Sampai saat ini, hewan pemangsa daging tentu masih ada dan tetap hidup sebagai mana mestinya.

Contoh Hewan Pemakan Daging

Masuk pada hal lebih mendalam mengenai beberapa hewan yang termasuk golongan pemakan daging. Beberapa hewan tersebut antara lain:

1. Harimau

hewan pemakan daging
Harimau

Siapa sih yang tidak mengenal hewan ini? Bahkan, banyak yang mengatakan bahwa ia merupakan kucing besar. Atau, banyak yang menyebutnya sebagai nenek dari kucing. Harimau sudah sangat dikenal sebagai hewan pemakan daging. Untuk hal memangsanya tidak perlu diragukan lagi. Kecepatan yang digunakan bahwa mencapai 60 km/jam. Sangat cepat ya?

Harimau lebih banyak memangsa hewan lain seperti rusa,kuda nil, atau bahkan buaya. Bahkan, dalam banyak pertarungan antara harimau dan buaya lebih unggul harimau. Kuku tajam miliki harimau mampu untuk merobek isi dalam buaya dengan sangat cepat. Menariknya, saat harimau terluka maka dapat di obati sendiri. Yaitu dengan air liurnya yang berguna untuk penyembuhan alami. Karena itu, tidak hewan jika harimau sangat kuat.

2. Singa

hewan pemakan daging
Singa

Dikenal sebagai raja hutan, hewan ini memang sangat buas. Singa sangat buas dalam berburu mangsanya. Terutama untuk mangsa darat yang dapat di peroleh dengan mudah. Singa memanfaatkan kekuatan dalam berlari, taring yang tajam serta kuku kuatnya. Bahkan, untuk sekali robekan saja sudah bisa membuat hewan seperti rusa langsung mati. Jadi, bisa anda bayangkan betapa buasnya singa?

Menariknya lagi, untuk raungan dari singa mampu mencapai kejauhan 8 km. Singan juga bisa berenang dengan menyebrangi sungai yang cukup dalam. Selain itu, pemburu mangsa ini lebih banyak hidup di sekitar daratan dan berburu sendiri. Namun, jika sudah berkeluarga maka singa jantan akan membawanya sebagai hadiah kepada keluarga. Meskipun buas, ternyata juga setia ya !

3. Macan

hewan pemakan daging
Macan

Masyarakat lebih mengenalnya sebagai kucing sedang. Mengapa demikian? YA, karena ukurannya yang sedang. Tidak terlalu besar dan kecil. Memiliki tubuh yang sedang menjdi kelebihannya. Bahkan, untuk kecepatan dalam berlarinya jauh lebih baik di bandingkan lainnya. Jenis dari macam sangat banyak seperti mam tutul, rembah dan lainnya.

Ciri khas dari macam yaitu memiliki tubuh yang coklat dan bintik warna hitam. Macam dikenal sebagai hewan pemangsa daging yang cukup mematikan. Bahkan, dalam setiap terkamannya sudah pasti terkena. Tidak ada yang ernah lolos dalam menghadapi serangannya. Hewan yang paling sering terkena serangan yaitu rusa. Terlebih, macan ahli dalam bersembunyi sebelum memangsa lawannya.

4. Buaya

hewan pemakan daging
Buaya

Memiliki rahang yang sangat kuat menjadikan buaya mampu memangsa dengan baik. Hewan ini hidup di wilayah perarian, sangat berbeda dengan hewan pemangsa lainnya Umumnya, berada di daerah rawa, sungai. Ukuran dari buaya juga cukup bervariasi, bahkan ada yang dapat mencapai 8 meter. Sangat besar bukan? Buaya sudah lama di kena sebagai hewan pemangsa daging.

Namun, tidak hanya daging hewan saja melainkan juga manusia. Bagaimana mungkin? Sampai saat ini, sudah cukup banyak kasus mengenai korban dari buaya. Terutama di daerah pedalaman yang masih kerap membutuhkan keperluan di sungai. Bisa anda bayangkan, bahwa buaya dapat mengoyak mangsanya dapat kurun waktu 15 detik saja. Karena memang bagian rahangnya menjadi kekuatan tersendiri.

5. Komodo

hewan pemakan daging
Komodo

Komodo merupakan salah satu jenis kadal raksasa yang masih berada di wilayah Nusa tenggara Timur, Indonesia. Kadal raksasa ini hanya ada di wilayah Indonesia saja. Jadi, daerah tersebut terkenal dengan nama pulau komodo. Saat ini, komodo sudah termasuk dalam daftar hewan yang terlindungi bahkan terancam punah. Keberadaanya sangat di jaga dengan ketat oleh pemerintah setempat.

Komodo juga termasuk dalam pemangsa daging yang begitu ganas. Bahkan, dalam 1 rahangnya terdapat 60 gigi yang siap mengoyak daging mangsanya. Hanya dengan satu gigitan saja, maka mangsa akan langsung mati. Hewan ini lebih banyak berburu secara berkelompok dan di konsumsi bersama-sama.

6. Burung Elang

hewan pemakan daging
Elang

Hewan ini dikenal sebagai pembunuh yang cukup ahli dan tajam. Untuk buruan yang paling sering yaitu kambing gurung ataupun rusa serta ular. Bebrapa hewan tersebut menjadi mangsa yang empuk bagi burung elang. Faktanya, elang memang tidak terlalu banyak ada. Karena, dalam kurun waktu 1 tahun hanya bertelur satu saja. Keberadaanya memang dirasa sudah jarang terlihat.

Seekor elang dapat bertahan hidup hingga 7 tahun. Burung elang mengandalkan cengkraman yang begitu kuat dalam memangsa. Bahkan, kekuatan yang dimiliki juga sangat kuat. Elang mampu membawa terbang seekor kambing gunung yang telah di mangsanya. Terutama, jika ingin di konsumsi bersama dengan keluarganya. Jadi, tidak perlu heran jika mangsanya sering di bawa berpindah tempat !

Baca juga: Pengertian Zaman Praaksara

Begitulah ulasan lengkap mengenai hewan pemakan daging. Jadi, apakah anda sudah paham sekarang? Karena itu, tidak heran jika hewan yang satu ini perlu di waspadai. Terlebih, di area hutan dalam yang masih cukup banyak berkeliaran. Semoga bermanfaat !

Spread the love

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.