4 Fungsi Manajemen Untuk Mencapai Target yang Sudah Ditentukan

Dalam sebuah perusahaan adanya manajemen menjadi hal yang harus benar-benar diperhatikan. Hal ini karena seluruh proses yang ada di dalam sebuah perusahaan tentu saja dibutuhkan sebuah manajemen yang baik. Disinilah fungsi manajemen sangat penting bagi suatu perusahaan.

Untuk menjalankan sebuah manajemen tentu saja tidak hanya dilakukan oleh para perusahaan besar saja. Namun, beberapa perusahaan ataupun bisnis yang baru saja dirintis juga wajib menjalankan sebuah manajemen yang baik, agar perusahaan tersebut dapat terus bertahan dan berkembang.

Dikarenakan memiliki peranan yang sangat penting bagi berkembangnya sebuah perusahaan ataupun bisnis yang sedang dijalani, manajemen pastinya memiliki pengaruh yang sangat besar. Oleh karena itu, fungsi manajemen menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui oleh para manajer untuk bisa mendapatkan hasil manajemen yang lebih maksimal.

Fungsi dari manajemen itu sendiri terdiri atas 4 fungsi utama. Dimana tiap fungsinya memiliki peranan masing-masing yang bisa membantu sebuah manajemen mendapatkan hasil yang lebih baik. Berikut adalah 4 fungsi manajemen yang harus Anda ketahui.

  1. Fungsi perencanaan (planning)
  2. Fungsi pengorganisasian (organizing)
  3. Fungsi pengarahan (directing)
  4. Fungsi pengendalian (controlling).

Di dalam masing-masing dari tiap fungsi tersebut, tentu saja memiliki pengertian yang cukup luas dan tujuan yang wajib untuk Anda ketahui. Nah, kiranya apa sajakah pengertian dari masing-masing fungsi manajemen yang satu ini? Berikut penjelasannya.

fungsi manajemen planning

1. Fungsi Perencanaan (Planning)

Fungsi perencanaan atau planning adalah suatu kegiatan untuk menyusun tujuan perusahaan itu sendiri, kemudian dilanjutkan dengan berbagai macam rencana yang ditujukan untuk bisa mencapai tujuan dari perusahaan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Planning yang satu ini merupakan proses awal yang teramat sangat penting dari semua fungsi manajemen yang ada. Hal ini dikarenakan, tidak akan berjalan fungsi lainnya jika tidak diterapkan fungsi planning terlebih dahulu.

Ternyata, ada beberapa aktivitas yang perlu Anda ketahui dari fungsi yang satu ini, yaitu:

  • Terlebih dahulu menetapkan arah tujuan dan target dari bisnis yang dijalankan
  • Menyusun beberapa strategi untuk bisa mencapai tujuan serta target
  • Mmenentukan dan menganalisa sumber daya yang diperlukan
  • Menentukan serta menetapkan standar kesuksesan saat akan mencapai suatu tujuan serta target bisnis.

Macam – Macam Fungsi Perencanaan

Dalam fungsi yang satu ini juga dibagi menjadi beberapa perencanaan. Berikut adalah pembagian perencanaan yang dibagi menjadi beberapa jenjang:

1. Top Level Planning

Dalam perencanaan ini memiliki sifat strategis, memberikan rumusan tujuan, petunjuk umum, pengambilan keputusan dan memberikan petunjuk pola penyelesaian. Jenjang ini memiliki sifat yang menyeluruh.

2. Middle Level Planning

Dibanding dengan jenjang diatas, untuk jenjang ini lebih memiliki sifat yang administratif yang dilakukan untuk menempuh berbagai macam cara untuk bisa menggapai tujuan dari sebuah perencanaan serta tanggung jawab.

3. Low Level Planning

Untuk perencanaan level ini lebih fokus dalam hal menghasilkan, hal inilah yang membuat perencanaan tersebut lebih mengarah ke aktivitas operasional.

fungsi manajemen organizing

2. Fungsi Pengorganisasian (Organizing)

Fungsi manajemen yang kedua yakni organizing. Fungsi yang satu ini merupakan suatu kegiatan pengaturan sumber daya manusia serta sumber daya fisik lainnya yang dimiliki oleh sebuah perusahaan agar bisa melaksanakan berbagai macam rencana yang telah ditetapkan serta dapat mencapai tujuan utama dari perusahaan.

Aktivitas dalam Fungsi Pengorganisasian

Di dalam fungsi organizing, tentu saja ada beberapa aktivitas di dalamnya yaitu:

  • Mengalokasikan sumber daya yang dimiliki, menyusun serta menetapkan berbagai macam tugas dan prosedur
  • Menetapkan struktur dari perusahaan agar mengetahui tugas dan tanggung jawab yang dimiliki masing-masing orang
  • Perekrutan, menyeleksi beberapa orang, pelatihan dan pengembangan dari tenaga kerja
  • Penempatan tenaga kerja di dalam sebuah posisi yang pas dan tepat.

Unsur – Unsur Fungsi Pengorganisasian

Selain itu, ada pula beberapa unsur yang menyertakan di dalamnya. Beberapa unsur itu sendiri diantaranya:

  1. Kegiatan atau aktivitas lebih diarahkan untuk mencapai tujuan
  2. Melakukan aktivitas yang sudah ditetapkan sebelumnya
  3. Beberapa atau sekelompok orang yang telah diarahkan untuk bekerja sama.

Manfaat Fungsi Pengorganisasian

Dengan adanya fungsi yang satu ini pun ternyata memberikan banyak manfaat bagi perusahaan seperti:

  1. Tiap anggota perusahaan mengetahui tugasnya masing-masing
  2. Dapat menciptakan spesialisasi pada saat menjalankan sebuah tugas
  3. Sangat memungkinkan untuk membagi tugas-tugas yang sesuai dengan keadaan perusahaan

Sama halnya dengan fungsi sebelumnya, fungsi pengorganisasian ini pun sangat penting untuk Anda perhatikan dengan baik.

3. Fungsi Pengarahan (Directing)

Yang dimaksud dengan fungsi satu ini ialah sebuah fungsi yang bertujuan untuk meningkatkan efektifitas serta efisiensi kinerja dengan cara mengoptimalkan serta menciptakan sebuah lingkungan kerja yang dinamis sehat dan lain sebagainya.

Aktivitas dalam Fungsi Pengarahan

Untuk melakukan fungsi manajemen yang satu ini, ada beberapa aktivitas yang wajib untuk Anda ketahui. Berikut diantaranya:

  1. Menjelaskan berbagai macam kebijakan yang telah ditetapkan
  2. Memberikan tugas dan penjelasan dengan rutin mengenai pekerjaan
  3. Melakukan implementasi tentang sebuah proses kepemimpinan, memberikan motivasi kerja serta pembimbingan kepada para pekerja agar bisa meningkatkan semangat dan keefektifan serta lebih efisien untuk mencapai sebuah tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Meski fungsi yang satu ini tidak dapat berjalan jika tidak ada fungsi sebelumnya, namun peranan dari fungsi manajemen ini sangatlah penting dan tidak boleh Anda abaikan begitu saja. Oleh karena itu, dalam penerapannya pun harus dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan kinerja para pekerja. Dan juga suatu pekerjaan selalu terarah sesuai SOP pada suatu perusahaan.

fungsi manajemen controlling

4. Fungsi Pengendalian/Pengawasan (Controlling)

Yang terakhir ada fungsi pengendalian yang juga disebut dengan fungsi controlling. Fungsi controlling adalah sebuah fungsi yang mana ditujukan untuk menilai suatu kinerja berdasarkan dari sebuah standar yang telah dibuat perubahan atau sudah diperbaiki jika dibutuhkan.

Aktivitas dalam Fungsi Controlling

Sama halnya dengan beberapa fungsi yang sudah dijelaskan di atas, untuk fungsi yang satu ini pun memiliki berbagai macam aktivitas dalam pengendaliannya seperti berikut ini:

  1. Memberikan alternatif solusi dari sebuah masalah yang kerap terjadi pada saat akan mencapai sebuah tujuan yang telah ditetapkan
  2. Menempuh sebuah langkah klarifikasi dan koreksi dari terjadinya sebuah penyimpangan dalam menjalankan suatu tugas
  3. Mengevaluasi keberhasilan yang telah dicapai serta target tetap mengikuti indikator yang telah ditetapkan sebelumnya.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Fungsi Controlling

Agar fungsi controlling dapat berjalan dengan efektif dan baik, beberapa hal di bawah ini pun harus Anda perhatikan:

1. Routing (Jalur)

Seorang manajer harus bisa mengetahui sebuah jalur yang mana banyak terjadi kesalahan.

2. Scheduling (Penetapan Waktu)

Manajer harus mengetahui kapan tugas harus dikerjakan dan dilaksanakan.

3. Dispatching (Perintah Pelaksanaan)

Merupakan sebuah pengawasan terhadap para pekerja agar pekerja bisa menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu.

4. Follow Up (Tindak Lanjut)

Jika terdapat sebuah permasalahan, maka wajib bagi pemimpin untuk bisa menemukan solusi terbaik dari permasalahan yang dihadapi tersebut.

Tiap fungsi manajemen yang telah disebutkan diatas tentu saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Hal inilah yang membuat fungsi dari manajemen itu sendiri memiliki arti penting dalam sebuah perusahaan untuk bisa berkembang dan mencapai suatu tujuan yang ingin dicapai.

Oleh sebab itu, sebagai seorang manajer, Anda harus mengetahui dengan benar bagaimana fungsi tersebut dapat berjalan secara semestinya. Nah, semoga pembahasan mengenai fungsi manajemen dapat memberikan banyak manfaat bagi Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.