16 Cara Belajar Efektif Untuk Mendongkrak Prestasimu

Setiap pelajar sudah pasti mempunyai kewajiban untuk belajar dan cara belajar sendiri. Alasannya semata-mata bukan hanya sekedar untuk mendapatkan nilai saja, melainkan untuk menambah pengetahuan demi masa depan.

Namun sayangnya, tak semua orang tahu bagaimana cara belajar efektif agar pengetahuan yang didapatkan semakin banyak dan memahaminya. Lebih dari itu, banyak juga yang beranggapan bahwa belajar merupakan hal yang paling tidak menyenangkan.

Sebenarnya, belajar tak menyenangkan itu tergantung bagaimana Anda dalam menyikapi pembelajaran tersebut. Sebab jika dari awal telah menganggap belajar itu sulit, maka ilmu akan sulit terserap. Berbeda jika belajar dianggap sebagai kewajiban dan kebutuhan, tentu dalam menjalaninya akan lebih menyenangkan dan maksimal.

tips belajar efektif

Pengertian Belajar Efektif

Belajar efektif adalah konsep belajar yang teratur, tuntas, secara berkesinambungan dan produktif yang akan menghasilkan kepandaian, pengetahuan, keterampilan, pembentukan sikap yang luhur.

Belajar dapat dikatakan efektif jika hasil yang didapatkan seimbang dengan usaha yang telah dilakukan. Dalam belajar efektif terdapat unsur rencana, ketepatgunaan dan metode belajar yang digunakan sehingga tercapailah tujuan dari belajar efektif.

Tips Belajar Efektif

Nah, bagi Anda yang ingin belajar dengan baik, pastikan simak penjelasan berikut ini tentang cara belajar efektif dan menyenangkan. Metode belajar ini dapat anda terapkan di rumah maupun di sekolah.

1. Belajar Dimanapun yang Anda Suka

Satu hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengetahui bagaimana cara belajar efektif, yakni memilih tempat untuk belajar yang menyenangkan.

Dalam hal ini pilihlah tempat terfavorit Anda agar menambah mood belajar, agar anda merasa nyaman ketika belajar.

Anda bisa belajar tak hanya di dalam ruangan saja, namun juga bisa di luar ruangan seperti taman atau gazebo agar suasana semakin rileks dan menambah konsentrasi.

2. Belajar Itu Kebutuhan

Apakah Anda malas belajar? Dan menganggap belajar merupakan hal yang membosankan? Nah, mulai sekarang, posisikan bahwa belajar merupakan kebutuhan, sebab itu akan membuat Anda lebih bersungguh-sungguh.

Dalam hal ini, Anda bisa membayangkan bahwa di esok hari akan menjalankan ulangan yang menentukan lulus atau tidaknya sekolah. Dengan begitu, anda akan terpacu untuk lebih giat lagi belajar setiap hari agar pengetahuan yang telah dipelajari lebih meresap ke ingatan Anda.

3. Belajar Sedikit Demi Sedikit

Anda akan lebih merasakan kebosanan dalam belajar jika terlalu banyak materi yang dipelajari. Oleh karena itu, belajarlah sedikit demi sedikit, dengan kontinuitas yang pasti.

Misalnya setiap hari meluangkan waktu satu jam sehari untuk belajar. Tentukan waktu tersebut dan konsistenlah untuk belajar pada waktu yang telah ditentukan.

Satu hal yang harus Anda hindari, yakni “sistem kebut semalam”, sebab itu hanya akan membuat Anda lelah, tertekan dan tak rileks saja. Hal ini karena, ketika seseorang dikejar waktu, konsentrasi akan hilang dan ilmu pun akan sulit terserap.

4. Bagi Waktu Belajar

Pengetahuan yang banyak tentu merupakan hal yang penting. Nah, bagi Anda yang ingin tahu cara belajar efektif di rumah yang baik adalah dengan membagi 2 waktu untuk belajar.

Misalnya di sore hari belajar tentang matematika, kemudian di malam harinya belajar tentang IPA. Ya, dengan membagi waktu yang berstruktur ini akan lebih memudahkan Anda menyerap ilmu.

5. Berdiskusi

cara belajar efektif dengan diskusi

Nah, untuk cara belajar efektif di sekolah yang baik, salah satunya bisa dengan diskusi bersama teman. Sebab terkadang apa yang Anda tangkap berbeda dengan pemahaman teman Anda. Bahkan, terkadang ada materi yang lebih dikuasai oleh teman Anda.

Selain itu, tak jarang juga terdapat anak yang lebih memahami ketika diterangkan teman dibandingkan ketika diterangkan oleh guru.

6. Cari Cara Bagaimana Berkonsentrasi

Setiap orang pastilah memiliki gaya belajar sendiri. Nah, dalam hal ini Anda tentu punya satu cara bagaimana agar bisa berkonsentrasi, misalnya belajar sambil memutar musik, belajar di tempat sepi, belajar di perpustakaan, atau bahkan di tempat hiburan.

Pentingnya mencari konsentrasi untuk belajar adalah, agar Anda bisa menyerap setiap materi yang dipelajari. Dengan konsentrasi maksimal belajar Anda akan lebih cepat dan optimal.

7. Tidur yang Cukup

Istirahat dan tidur yang cukup merupakan hal yang sangat penting untuk proses penyimpanan informasi di dalam otak.

“Mahasiswa yang memiliki jam tidur rutin yang baik memiliki nilai IPK lebih tinggi sebanyak 0,14 poin dibandingkan mahasiswa yang selalu kurang tidur,” kata J. Roxanne Prichard, Direktur Penelitian di Universitas St. Thomas di Saint Paul, Minnesota.

Jadi cobalah untuk mengatur waktu tidur yang sehat, jangan terlalu sering begadang pada malam hari jika tidak dibutuhkan.

8. Pahami, Jangan Hanya Menghafalkan

Mengapa hal ini penting? Baik itu cara belajar efektif di sekolah ataupun di rumah, pastikan tak hanya menghafal pelajaran saja, namun juga memahaminya.

Sebab dengan Anda memahami maka secara otomatis akan menghafal. Berbeda dengan hanya sekedar menghafal, biasanya akan lebih muda terlupa.

9. Jangan Malu Bertanya

Ini dia cara belajar efektif di sekolah, dimana biasanya banyak siswa yang malu bertanya di pada guru ketika dijelaskan padahal dirinya masih merasa bingung. Nah, jika Anda memang tak paham dengan apa yang didapatkan, bertanyalah pada guru.

Sebab banyak bertanya bukan menandakan bodoh, namun menandakan bahwa Anda benar-benar menyimak penjelasan seorang guru. Selain itu, tak ada salahnya bila Anda juga bertanya pada teman jika tak memahami materi yang diajarkan.

10. Coba Terus Walaupun Gagal

Setiap orang pasti mengalami kegagalan, namun kegagalan itu bukan akhir segalanya. Jadikanlah kegagalan itu sebagai pembelajaran, karena sukses membutuhkan perjuangan.

Selain itu, dengan Anda gagal tentu akan memberikan semangat untuk lebih bangkit dan mengulang kembali. Sebenarnya, dalam hal belajar tak pernah ada kegagalan, sebab kegagalan adalah cara untuk menemukan keberhasilan.

Thomas Alfa Edison mengalami banyak kegagalan dan terus mengulang penelitiannya sampai 1000 kali, hasil akhirnya dia berhasil menemukan bola lampu.

11. Sukai Mata Pelajaran

Apakah Anda termasuk anak yang benci matematika? Mulai sekarang sukailah pelajaran tersebut.

Perlu diketahui, jika Anda telah men-judge atau tak menyukai materi, maka mustahil materi tersebut akan tersesap ke otak Anda.

Cara menyukainya sebenarnya sangat mudah, yakni pelajari dari materi yang lebih mudah dahulu selanjutnya ke tingakat yang lebih sulit. Sebab biasanya seorang tak menyukai pelajaran karena susah untuk dipelajari.

12. Manfaatkan Fasilitas yang Ada

Dengan perkembangan gadget, sebenarnya Anda bisa memanfaatkannya untuk hal yang positif, gadget Anda dapat digunakan untuk sarana edukasi. Misalnya saja dengan belajar melalui video, internet atau tayangan edukasi lainnya.

Selain itu, dengan fasilitas ini biasanya belajar akan lebih menyenangkan, sebab ada media yang Anda sukai. Namun meski begitu, fasilitas ini hanya sebagai penunjang saja, bukan menjadi materi yang utama.

13. Membuat Review

belajar efektif dengan review

Nah, untuk cara belajar efektif di rumah buatlah review dari pelajaran yang telah didapatkan di sekolah. Hal ini sangat penting, selain untuk mereview pelajaran yang telah diulas, juga untuk mengingatkan kembali pelajaran yang telah didapatkan.

Selain demikian, rangkuman tersebut juga bisa digunakan di kemudian hari ketika melaksanakan ujian. Sebab Anda tak perlu membuka buku terlalu banyak untuk mempelajari semua materi.

14. Buat Kesimpulan

Selain membuat review, cara belajar efektif di rumah selanjutnya adalah membuat simpulan dari materi yang telah dipelajari. Dengan membaca kesimpulan secara berulang kali, akan membuat Anda semakin ingat dengan apa yang telah dipelajari.

15. Coba Latihan Soal

Untuk menguji wawasan Anda, cobalah untuk mengerjakan soal latihan dan uji coba.

Hal ini juga bertujuan untuk mengukur seberapa jauh pemahaman materi yang telah didapatkan. Dengan begitu Anda dapat mengetahui apa yang kurang dalam pemahaman Anda, sehingga Anda dapat memperbaiki kekurangan Anda dengan belajar lebih giat.

16. Berdoa

Usaha merupakan hal penting, namun berdoa merupakan hal yang paling utama. Mengapa demikian? Karena yang Maha memiliki Ilmu adalah Allah SWT. Sebanyak usaha apapun yang Anda laksanakan, tentu tak akan terlaksana jika tidak diizinkan Allah SWT.

Dengan demikian, pastikan berdoa sebelum belajar, serta sempatkan waktu luang untuk memohon kelancaran atas pengetahuan yang Anda dapatkan pada Sang Pencipta.

Anggapan belajar membosankan merupakan hal menyebalkan hanya untuk orang-orang yang malas saja. Sebab jika dari awal Anda telah suka belajar, maka pembelajaran akan lebih mudah terserap. Jika tak percaya cobalah cara belajar efektif di atas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Semoga bermanfaat.

Spread the love

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.