Ini Dia Arti Ilfil Dan Ciri-Ciri Perilakunya

Pengertian ilfil yaitu penggambaran dari ungkapan perasaan tidak suka terhadap seseorang. Ilfil bisa diartikan sebagai penolakan kepada orang, tujuan dan penolakan tersebut kebanyakan atas dasar rasa tidak suka dengan sikap yang diberikan kepadanya.

Ilfil merupakan kata serapan dari bahasa inggris ilfeel yang artinya bisa berupa singkatan dari hilang feeling atau jika di artikan menjadi hilangnya rasa yang dimiliki oleh seseorang akibat perilaku tak terduga dari orang tersebut terhadap dirinya.

Orang yang ilfil akan memiliki perasaan muak atau mengekspresikan rasa muak tersebut kepada seseorang karena tingkahnya yang aneh dan lebih bertindak jorok atau kotor. Contohnya ketika ada orang lain yang kentut sembarangan di depan kita, hal tersebut bisa memunculkan perasaan ilfil.

pengertian ilfil tidak suka

Pengertian Ilfil Secara Lengkap

Agar pemaham anda lebih lengkap, berikut kami sajikan pengertian ilfil menurut para ahli:

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian ilfil menurut KBBI yaitu bahasa yang diserap dari bahasa inggris yang artinya timbulnya perasaan kecewa akibat telah mengetahui keburukan dari seseorang, padahal sebelum mengetahui hal tersebut, orang ini sudah merasakan suka atau tidak membencinya.

2. Wikipedia

Perasaan muak, risih, dan jijik terhadap tingkah atau perilaku seseorang yang berlebihan. Hal ini biasa di utarakan dengan cara yang cenderung kasar. Bahkan, jika sudah berlebihan dapat menyebabkan suatu hal yang kurang baik di mata umum.

Perilaku yang Membuat Ilfil

Jika Anda sudah memahami apa arti dari ilfil, maka berikutnya akan kami berikan contoh-contoh hal yang bisa membuat seseorang menjadi ilfil. Termasuk ciri-ciri ilfil dari seseorang berdasarkan perilaku yang diberikan. Berikut ulasannya:

1. Berbicara Frontal

Hal pertama yang bisa membuat seseorang menjadi ilfil yaitu dengan berbicara terlalu frontal atau berbicara secara langsung tanpa disaring terlebih dahulu.

Memang jujur itu baik, hanya saja pengemasan dalam sebuah kata-kata perlu dirangkai sedemikian rupa agar lebih mudah dipahami oleh lawan bicara. Dengan perkataan yang baik maka tidak akan menimbulkan salah paham.

Hanya saja, tidak sedikit orang yang mengucapkan perkataan terlalu frontal. Sehingga tidak berpikir imbas panjangnya terhadap perkataan tersebut dan menjadikan lawan bicara ilfil.

2. Memotong Pembicaraan Orang Lain

Jika Anda salah satu orang yang gemar memutus atau memotong pembicaraan orang lain, segera koreksi diri anda. Mulailah menjadi pendengar setia terlebih dahulu baru menanggapi pembicaraan lawan bicara.

Biarkan mereka menyelesaikan ceritanya hingga mempersilakan kepada Anda untuk menanggapi perkataanya. Tidak jarang orang akan merasa ilfil ketika pembicaraannya ditimpal dengan pembicaraan lain ketika sedang melakukan percakapan.

3. Tidak Dianggap Ada atau Dicuekin

Ketika ada seseorang yang mengajak bicara namun tidak direspon oleh lawan bicara, maka bukan tidak mungkin seseorang tersebut akan merasakan ilfil. Alasan mereka membuka obrolan kepada kita yaitu untuk meminta tanggapan atas pembicaraan tersebut. Kebayangkan kalau kita bicara lalu tidak direspon lawan bicara kita?

Pastilah semua orang akan ilfil jika dicuekin. Jadi, berikan respon positif ketika sedang mengobrol satu sama lain.

4. Sikap Yang Tidak Baik

Salah satu hal yang kerap kali menyebabkan seseorang ilfil yaitu sikap kurang baik. Contohnya ketika kita mengalami kegabutan dan ada teman yang sedang badmood, Jangan sampai kita malah mengerjainya. Sehingga bertambah buruk keadaan teman kita, dan pasti teman kita merasakan ilfil.

Masalah seperti ini kerap kali terjadi di lingkungan setempat. Sikap yang tidak baik terhadap orang lain kerap memicu ilfil pada orang lain. Karena itu, alangkah baiknya bagi anda untuk dapat menjaga sikap terhadap orang lain. Jangan egois, tetapi perhatikan perasaan orang lain !

Kata ilfil menjadi bahasa gaul yang banyak digunakan oleh anak-anak muda pada zaman sekarang khususnya anak-anak yang tinggal di daerah perkotaan.

Sekian pembahasan mengenai pengertian ilfil dan ciri-ciri perilakunya. Jangan sampai kita menjadi orang yang memicu perasaan ilfil orang lain.

Semoga artikel ini dapat menjawab kebingungan Anda untuk menemukan ketidakpahaman mengenai arti dari kata ilfil yang sebenarnya.

Spread the love

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.