Apa itu Bad Mood? Cari Tau Yuk Arti dan Penyebabnya!

arti bad mood

Apa itu bad mood? Apakah Anda sedang bad mood? Bad mood sendiri adalah istilah bahasa Inggris yang saat ini juga sering digunakan oleh orang Indonesia. Jika diterjemahkan ‘bad’ artinya jahat, jelek, atau buruk. Sedangkan ‘mood’ sendiri artinya suasana hati atau keadaan jiwa. Sehingga dapat disimpulkan, arti bad mood ialah suasana hari yang sedang buruk atau tidak baik.

Selain itu, istilah lain yang sering digunakan oleh orang Indonesia ketika hatinya sedang gusar, biasanya mengungkapkan kata “Lagi bete’ nih”. Apa itu bete? Dari mana asal kata bete? Ya, jika suasana sedang tidak baik atau bad mood, pasti akan dikaitkan dengan bete atau disingkat BT.

Entah dari mana asal kata tersebut, sebenarnya BT adalah singkatan dari kata Boring Time, Boring Total, Boring Today, Bad Tempered atau Bosan Total. Intinya, itulah bete ini digunakan ketika seseorang sedang merasakan kejenuhan atau suasana hati yang kurang enak.

Istilah bete sendiri, sebenarnya muncul di tahun 2000-an, kemudian populer kembali di tahun 2008, ketika Dewiq dan Indra Bekti merilis lagu yang liriknya mengandung kata “bete.. bete.. bete.. ah! basi.. basi.. basi.. basi lo!”. Namun terlepas dari hal tersebut, eksistansi kata BT ini bergeser menjadi istilah baru yang lebih trend yakni bad mood. Meski keduanya hampir sama, terkadang banyak orang yang mengartikannya secara berbeda.

Ciri – ciri Bad Mood

  • Mudah tersinggung dengan perkataan orang di sekitarnya
  • Mukanya Cemberut, mood hilang, suram.
  • Tak mau diganggu siapa pun, serta cenderung berkata ketus.
  • Kalau di sms balesnya singkat.

Jika Anda mendapati seseorang dengan ciri-ciri bad mood tersebut, pastikan menjauh terlebih dahulu dari orangnya, sebab biasanya mereka ingin menyendiri dulu.

Jangan sampai anda merasa ilfil terhadap orang yang sedang bad mood. Berikan waktu untuk dia menenagkan diri, atau dengarkan dia ketika ingin mencurahkan isi hatinya.

Penyebab Bad Mood

Suasana hati yang sedang tak baik atau yang diartikan sebagai bad mood terkadang muncul secara mendadak. Jika sudah begini, maka yang terjadi adalah sensitif, bahkan enggan untuk mengerjakan sesuatu. Ditambah lagi bila penyebab bad mood tak diketahui, tentu akan sulit untuk mengatasinya.

Sering Bad Mood Secara Mendadak? Bisa Jadi 5 Hal Ini yang Menjadi Penyebabnya

1. Tubuh Sedang Lelah dan Letih

Penyebab bad mood yang paling sering terjadi adalah letih atau lelahnya tubuh. Dimana jika tubuh sedang dalam kondisi yang lelah, maka akan merasa sangat penat. Dan imbasnya adalah berbagai permasalahan, bahkan masalah sepele akan terasa sangat besar.

Saat sesorang mengalami kelelahan seperti ini risikonya adalah semakin meningkatnya perasaan bad mood. Dengan demikian, ketika Anda berada pada posisi ini, istirahatkanlah tubuh sementara.

2. Sedang PMS

Wanita yang marah-marah pasti akan dikaitkan dengan PMS. Hal ini memang bisa saja terjadi, karena ketika pra-menstruasi kadar hormon estrogen dan progesteron sedang tak seimbang, dan hal tersebut akan mempengaruhi suasana hari wanita.

Jadi jangan coba – coba menggoda wanita yang sedang PMS, bisa – bisa anda kena semprot πŸ˜€

3. Stres

Penyebab bad mood selanjutnya ialah stres. Dimana ketika seseorang sedang mengalami masalah yang cukup banyak, maka bisa sampai ke tahap stres. Jika hal ini terjadi, sudah pasti mood akan hilang, bahkan Anda akan berubah menjadi lebih emosian dan sensitif.

Hati-hati dengan kondisi ini, tidak hanya bad mood lebih dari itu, stres bisa menjadi faktor yang menyebabkan gangguan mental parah (gila).

4. Kurang Tidur

Kurang tidur juga bisa menjadi penyebab bad mood. Hal ini karena, kurang tidur akan membuat tubuh menjadi lelah. Kurangnya jam tidur, menurut pakar penelitian juga dapat menurunkan suasana hati.

Apalagi ketika anda mengalami insomnia, dan pada pagi hari ada banyak kegiatan. Pasti anda akan merasakan badan tidak nyaman dan sangat mempengaruhi suasana hati.

5. Lapar

Hati-hati dengan orang yang lapar, sebab biasanya ketika seseorang sedang lapar dapat mengakibatkan bad mood. Hal ini karena, ketika lapar, kadar glukosa pada tubuh akan mengalami penurunan. Nah, penurunan kadar glukosa inilah yang menjadi penyebab seseorang mudah marah.

Cara Menghilangkan Bad Mood

cara menghilangkan bad mood

Lagi Bad mood? Coba Lakukan 10 Cara Mengatasi Bad mood Berikut Ini!

Jika seseorang telah mengalami bad mood pasti akan enggan untuk melakukan berbagai kegiatan. Kalaupun melakukan kegiatan, mungkin akan melakukan secara asal – asalan, sehingga akibatnya adalah pekerjaan Anda akan semakin terhambat, dan malah akan menjadi beban pikiran.

Bagi Anda yang sedang kurang enak hati, coba gunakan cara mengatasi bad mood berikut ini:

1. Mendengarkan Murottal

Sungguh suatu kebahagiaan dan merupakan kenikmatan yang besar, kita mempunyai Al-Qur’an. Selain menjadi ibadah dalam membacanya, bacaannya bisa mendapatkan pengaruh besar bagi kehidupan jasmani dan rohani kita.

Penelitian Dr. Al Qadhi dan diperkuat juga oleh penelitian lainnya yang dilakukan oleh dokter berbeda. Dalam laporan suatu penelitian yang telah disampaikan pada Konferensi Kedokteran Islam Amerika Utara pada tahun 1984, disebutkan bahwa Al-Quran telah terbukti dapat mendatangkan ketenangan sampai 97% bagi mereka yang sudah mendengarkannya.

Jadi ketika anda mengalami bad mood, segera putar murottal agar anda menjadi tenang kembali.

2. Makan Cokelat Atau Keju

Akhir-akhir ini psikologi menemukan bahwa jenis makanan tertentu dapat digunakan sebagai cara mengatasi bad mood, salah satunya keju dan cokelat. Dengan rasa yang unik, cokelat dan keju mempunyai kandungan yang mampu mengubah emosi seseorang menjadi lebih ceria dan gembira. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jenis minuman tertentu untuk menghilangkan bad mood.

3. Nongkrong Bersama Teman

Stres dari pekerjaan bisa menjadi penyebab bad mood. Nah, untuk mengatasinya istirahatlah sejenak dan lakukan kegiatan yang menghibur. Misalnya dengan pergi nongkrong dan ngobrol bersama teman. bercerita tentang keluh kesah tentu akan meringankan beban.

Jangan lupa pilihlah teman yang dekat dengan anda, karena pasti ada saja hal yang dapat membuat emosional membaik ketika bersama sahabat.

6. Menonton Acara Lucu

Ketika Anda sedang badmood, bisa juga menghibur diri dengan cara menonton acara lucu atau acara kesukaan lainnya misalnya standup comedy. Dengan tertawa, biasanya seseorang akan melupakan apa yang sedang menjadi beban pikiran.

Apalagi sekarang banyak sekali vlog di youtube yang menayangkan acara seru – seruan dan lucu. Tinggal pilih saja sesuai keinginan Anda.

4. Baca Komik Atau Buku Favorit

Jika Anda tak suka menonton film, bisa juga mengatasi badmood dengan cara baca komik atau jenis buku lainnya. Jika ribet menggunakan buku cetak, Anda bisa menggunakan e-book atau buku di internet misalnya di line, path, atau lainnya.

Dengan melakukan kegiatan membaca yang bisa dilakukan selama beberapa menit dapat membantu menekan perkembangan hormon stress seperti hormon kortisol.

5. Coba Usir Bad Mood dengan Memancing

Bagi Anda kaum pria yang sedang mengalami badmood, coba untuk memancing. Yaps, bagi beberapa orang, memancing menjadi pilihan tepat ketika suasana sedang tidak baik.

Apalagi kalau memancing di laut, pasti tahu kan keseruan memancing seperti di acara TV Mancing Mania? Pasti bad mood anda akan hilang.

6. Bercermin, Lalu Bertingkah Konyol

Pernahkah Anda lakukan cara ini ketika sedang badmood? Ya, Anda bisa memasang ekspresi jelek atau mengucapkan kata yang lucu di depan cermin. Maka secara otomatis dipastikan Anda akan tertawa sendiri. Mau coba melakukannya?

7. Shopping

Kalian para wanita, pasti akan hilang badmood setelah shopping, atau bahkan penyebab badmood adalah karena tak ada waktu shopping? Dengan begitu, cobalah atur waktu untuk belanja atau sekadar jalan-jalan ke mall bersama kekasih atau teman.

Jangan lupa bawa uang yang cukup untuk shopping, jangan sampai malah tambah badmood ketika tidak bisa membeli barang yang diinginkan πŸ˜€

Sebenarnya untuk inti dari penghilang badmood adalah melakukan aktivitas yang membuat anda senang atau nyaman. Mungkin setiap orang berbeda – beda kesukaanya. Jadi lakukanlah apa yang kalian sukai selagi bukan suatu keburukan.

Baca Kata-Kata Bad Mood Ini untuk Menyejukkan Hati Anda

Ketika hati sedang tidak badmood, rasanya hidup sangat menderita. Jangankan beraktivitas, untuk tersenyum pun sangat susah. Hal ini memang wajar, namun tentu jangan dibiarkan begitu saja, sebab badmood yang berkelanjutan akan membuat hari – hari anda kurang bermanfaat.

Nah, bagi Anda yang sedang mengalami suasana hati tak enak, coba dengarkan kata-kata badmood berikut ini!

“Ketika kau menganggap tak berguna, cobalah lihat di luar sana pada orang yang telah memberikan dunianya padamu”

“Jangan resah, ada seseorang yang diam-diam mendoakanmu di setiap malam”

“Hidup hanya sekali, jangan hanya kau isi dengan kekecewaan”

“Akan selalu ada kemudahan pada setiap jalan kesusahan.”

“Bila terdapat satu kesempatan hilang, maka dibaliknya terdapat kesempatan baru yang akan datang.”

“Memperbaiki kesalahan, tak kenal kata terlambat.”

“Semua hal terjadi karena memiliki alasan.”

“Pelangi pasti akan muncul setelah badai berlalu.”

“Menangislah, lalu sudahi.”

“Hidupmu terlalu berharga bila dibiarkan tanpa makna.”

Kata kata badmood diatas bisa anda tulis dan tempelkan dikamar anda, renungi kata kata tersebut agar anda tetap semangat ketika badmood.

Bagaimana, sudah tahu arti bad mood, penyebab dan cara mengatasinya? So, mulai sekarang cobalah tenangkan hati ketika sedang lelah atau stres, sebab berlama-lama badmood malah akan membuat Anda semakin gabut dan tersiksa.

Spread the love

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.