Pengertian Edukasi, Macam-Macamnya dan Manfaatnya

Pengertian edukasi adalah proses kegiatan belajar setiap individu atau kelompok yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas dari pola pikir, pengetahuan serta mengembangkan potensi dari masing-masing individu.

Proses edukasi ini dalam kehidupan sehari – hari lebih dikenal dengan sebutan proses belajar. Edukasi merupakan proses belajar dari tidak tahu menjadi tahu.

Edukasi tidak hanya bertujuan mengembangkan ilmu pengetahuan saja, tetapi lebih dari itu yang paling penting adalah edukasi masalah moral atau adab manusia. Karena seberapun pintar seseorang, jika tidak punya adab atau berperilaku buruk maka tidak akan berguna bagi kehidupan orang banyak.

Tahap pertama yang sangat berperan penting dalam edukasi adalah orang tua. Jadi sudah mejadi kewajiban orang tua akan mengenalkan edukasi dalam berbagai hal kepada anaknya dari kecil hingga dewasa.

Dan tahap selanjutnya edukasi bisa didapatkan pada pembelajaran formal, non formal, dan informal.

Agar anda mendapat pemahaman secara utuh, baca terus pegertian edukasi yang kami sajikan berikut ini.

pengertian edukasi
Orang tua yang mengedukasi anaknya

Pengertian Edukasi Menurut Para Ahli

Jika tadi sudah dibahas mengenai pengertian edukasi secara umum, perhatikan pengertian edukasi menurut para ahli berikut ini agar anda lebih memahami apa itu edukasi atau pendidikan. Di bawah ini adalah ulasannya:

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian edukasi menurut KBBI yaitu proses pengubahan sikap dan perilaku seseorang atau kelompok dalam usaha mendewasakan diri melalui upaya pengajaran, pelatihan, proses, dan cara mendidik.

2. Menurut Wikipedia

Edukasi adalah pembelajaran, keterampilan, pengetahuan, serta kebiasaan dari sekelompok orang yang diturunkan dari generasi satu ke generasi berikutnya melalui proses pengajaran, pelatihan, dan penelitian.

3. Driyarkara

Menurut Driyakarya edukasi merupakan usaha dalam memberikan peganggan kepada manusia dan mengangkat yang muda agar lebih insani. Terutama, dalam mensiasati perkembangan jaman yang berjalan begitu cepat. Penting, agar manusia tetap dapat menyesuaikan sebagai peranannya.

4. Ahmad D. Marimba

Beliau berpendapat pengertian edukasi adalah bimbingan secara sadar oleh pendidikan dalam perkembangan jasmani serta rohani untuk hal baik. Di tujukan dalam pembentukan kepribadian yang lebih utama agar menjadi insan yang lebih berkualitas. Agar berguna bagi masyarakat, nusa dan bangsa.

5. Notoadmojo

Edukasi atau disebut juga dengan pendidikan merupakan segala upaya yang direncanakan untuk mempengaruhi orang lain baik individu, kelompok, atau masyarakat sehingga mereka melakukan apa yang diharapkan oleh pelaku pendidikan.

6. M.J.Langeveld

Edukasi merupakan upaya manusia dewasa membimbing manusia yang belum dewasa kepada kedewasaan. Menurutnya juga edukasi merupakan usaha menolong anak untuk melaksanakan tugas – tugas hidupnya, agar bisa mandiri, akil – baligh, dan bertanggung jawab secara susila.

Tujuan Edukasi

Edukasi memiliki beberapa tujuan, berikut diantaranya:

  1. Meningkatkan kecerdasan.
  2. Merubah kepribadian manusia suapaya memiliki akhlak yang terpuji.
  3. Menjadikan mampu untuk mengontrol diri.
  4. Meningkatkan keterampilan.
  5. Bertambahnya kreativitas pada hal yang dipelajari.
  6. Mendidik manusia menjadi lebih baik dalam bidang yang ditekuni.

Macam-macam Edukasi

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas bahwa edukasi memiliki tiga macam atau jenis yaitu edukasi formal, non formal, dan edukasi informal. Berikut penjelasan dari macam-macam edukasi:

1. Formal

Proses pembelajaran ini umum diselenggarakan di sekolah dan ada peraturan yang berlaku serta harus ditaati ketika sedang mengikuti proses pembelajaran tersebut, lalu ada pihak terkait yang mengawasi proses pembelajaran di sekolah. Di Indonesia, pendidikan formal yang bisa ditempuh oleh setiap individu adalah mulai dari jenjang SD, SMP, dan SMA, hingga pendidikan tinggi.

2. Non Formal

Edukasi non formal biasanya banyak ditemukan di lingkungan tempat tinggal, contohnya terdapat tempat pendidikan baca tulis Al Quran di masjid, lalu kursus-kursus yang banyak terdapat di lingkungan seperti kursus mobil, kursus musik, dan kursus-kursus lain.

3. Informal

Sedangkan edukasi informal merupakan jalur pendidikan yang terdapat di keluarga dan lingkungan sekitar rumah. Di dalam edukasi informal terdapat proses pembelajaran secara mandiri dan dilakukan atas dasar kesadaran serta rasa tanggungjawab yang dimiliki.

Hasil dari pendidikan informal telah diakui sama dengan pendidikan formal dan non formal serta digagas oleh pemerintah meliputi: anak harus dididik dari lahir hingga dewasa, pendidikan awal dimulai dari keluarga. Keluarga merupakan tahap edukasi yang sangat penting, karena banyak anak sekarang dikarenakan keluarganya berantakan sehingga sangat mempengaruhi pendidikan dalam sekolah.

pengertian edukasi belajar
Anak yang sedang melakukan edukasi dengan cara observasi

Manfaat Edukasi

  • Mencerdaskan kehidupan bangsa untuk membangun peradaban negara
  • Memberikan pengetahuan luas tentang apa yang dipelajari.
  • Mengembangkan kepribadian manusia menjadi lebih bermartabat.
  • Mengembangkat bakat yang telah dimiliki sehingga lebih berpotensi.
  • Memperbaiki kesalahan seseorang agar menjadi lebih baik.
  • Membekali manusia untuk menyongsong masa depan yang cerah

“Bila kau tak tahan lelahnya belajar maka kau harus menahan perihnya kebodohan”.

Imam Syafi’i

Perkataan Imam Syafi’i tentang edukasi diatas patut kita renungkan, agar kita tidak menyesal dikemudian hari. Tetaplah semangat mengedukasi diri sendiri, keluarga, sahabat dan lingkungan. Semoga bermanfaat.

Spread the love

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.